Pelanggaran Gross terhadap Szoboszlai Tanpa Sanksi Kartu Menyulut Pertanyaan, Klopp Terdiam

Panjoel Kepo

Bagikan

rakaytnesia.com – Jurgen Klopp, pelatih Liverpool, tampaknya ragu untuk memberikan komentar mengenai sanksi yang semestinya diberikan kepada Pascal Gross setelah melanggar Dominik Szoboszlai.

Pada pekan kedelapan Premier League musim 2023/2024, Liverpool berhadapan dengan Brighton di Falmer Stadium pada hari Minggu (08/10/2023). Pertandingan ini berakhir dengan skor imbang 2-2.

Salah satu gol Liverpool tercipta melalui tendangan penalti. Awalnya, tekanan dari The Reds membuat Brighton kehilangan kendali atas bola.

Bola tersebut kemudian dikejar oleh Dominik Szoboszlai, namun justru dihentikan secara kasar oleh Pascal Gross, yang menarik dan menjatuhkan pemain tersebut. Wasit memberikan penalti kepada Liverpool sebagai akibat dari pelanggaran tersebut.

Meskipun pelanggaran ini berpotensi berujung pada kartu merah untuk Gross, wasit memutuskan hanya memberikan penalti kepada Liverpool tanpa sanksi kartu apapun kepada Gross.

Ketika Klopp ditanya apakah Gross seharusnya mendapatkan kartu merah dalam pertandingan tersebut, sang pelatih tampak enggan untuk memberikan jawaban yang tegas.

“Saya nggak tahu. Saya nggak tahu,” jawab Klopp pada Sky Sports.

“Ketika pelanggaran terjadi di dalam kotak, maka itu adalah kartu kuning menurut saya. Jangan bicara kepada saya tentang peraturan, saya ambil apa yang saya dapat,” ujarnya.

“Saya percaya seorang ahli mungkin harus harus mengatakan sesuatu. Saya tidak tahu,” tegasnya.

Menurut laporan dari Mirror, Pascal Gross tak diberi kartu merah karena ofisial VAR merasa Dominik Szoboszlai tak punya peluang jelas untuk mencetak gol. Pasalnya ia bergerak menyamping dan bukannya lurus menuju gawang.

Szoboszlai juga harus menguasai bola lebih dahulu agar bisa mendapat peluang mencetak gol. Laporan itu juga merilis aturan yang menjadi patokan mengapa Gross tidak dikartu merah.

“Jika seorang pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di dalam area penaltinya sendiri yang membuat lawannya tidak mempunyai peluang untuk mencetak gol dan wasit memberikan tendangan penalti, pelanggar tersebut diperingatkan jika pelanggaran tersebut merupakan upaya untuk memainkan bola atau merebut bola; dalam semua keadaan lainnya (misalnya menahan, menarik, mendorong, tidak ada kemungkinan untuk memainkan bola, dll.), pemain yang melanggar harus dikeluarkan dari lapangan.”

Jadwal Liverpool Berikutnya

Pertandingan: Liverpool vs Everton

Stadion: Anfield

Hari: Sabtu, 21 Oktober 2023

Kickoff: 18.30 WIB

Bagikan

Also Read