Portal Berita Bojonegoro Lamongan
berita bojonegoroFeatured

KPU Bojonegoro Gelar Sosialisasi Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bojonegoro, Fatkhur Rohman dalam acara Sosialisasi verifikasi Faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024, tingkat kabupaten, yang digelar di Hotel & Resto Griya MCM yang berada di Jalan Pemuda Timur Nomor 5A, Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (7/10/2022) siang.

Kegiatan sosialisasi kelang Pemilu 2024 itu, dihadiri 20 Partai Politik (Parpol), Bawaslu, Dispendukcapil, Bakesbangpol, Camat Se-Kabupaten Bojonegoro, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, Organisasi Profesi Wartawan, serta undangan lainnya.

Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan partai politik ini akan dilakukan oleh KPU Bojonegoro kepada setiap Calon Parpol Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang.

“Verifikasi Faktual ini akan kami (KPU Bojonegoro) sejak tanggal 14 Oktober hingga tanggal 4 November 2022 mendatang atau selama 2 minggu”, tutur Ketua KPU Bojonegoro Fatkhur Rohman, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga  Gayeng..! Cangkrukan Pers Launching Komunitas Wartawan Angling Dharma (KWAD)

Ketua KPU Bojonegoro mengatakan, sesuai tahapan dari KPU, saat ini merupakan tahapan Verifikasi Faktual Tingkat Kabupaten dan Kota, sebelumnya ada Verifikasi Faktual dari pusat kepada 24 Parpol.

“Dari 24 Parpol yang telah diverifikasi secara faktual ada 20 Parpol yang dinyatakan telah memenuhi syarat”, kata Ketua KPU Bojonegoro Fatkhur Rohman, menegaskan.

Ditempat yang sama, Fatma Lestari selaku Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Bojonegoro mengungkapkan dalam Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol calon peserta pemilu 2024 Tingkat Kabupaten ada tiga poin yang akan diverifikasi oleh KPU.

Baca Juga  Warga Leran, Kalitidu, Sambut Gembira Pembangunan TPT di Wilayahnya

“Tugas KPU Bojonegoro ini membantu KPU RI”, ungkap Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Bojonegoro.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol ini kami akan turun langsung kelapangan untuk memverifikasi pengurus Parpol, anggota Parpol dan alamat Kantor Parpol di 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini.

“Dalam keanggotaan Parpol yang beranggotakan 1.000, dalam verifikasi faktual akan diambil sampel 278 anggota. Verifikasi Faktual mendatang langsung terjun ke lapangan dengan mendatangi tempat tinggal warga yang namanya telah didaftarkan oleh partai politik dalam mendaftarkan di KPU Kabupaten Bojonegoro,” ungkapnya.

Lanjut Fatma Lestari, verifikasi factual guna mencocokkan nama-nama yang didaftarkan oleh partai politik sebagai pendukungnya. Jika dicari di rumahnya tidak ada, maka kita bisa mengundangnya ke Kantor KPU Kabupaten Bojonegoro yang berada di Jalan KH R Moh Rosyid, Desa pacul, Kecamatan Bojonegoro Kota.

Baca Juga  Launching Komunitas Wartawan Angling Dharma (KWAD) Sukses, Digelar di Kebun Raya Wedi, Kapas

“28 Camat kita undang kaitanya kita permisi atau kula nuwun karena KPU masuk ke wilayah 28 kecamatan itu, guna melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, KPU Bojonegoro menyiapkan makan dengan berbagai menu yang bisa dinikmati sambil ngobrol santai bersama para undangan usai acara yang berlangsung di Aula Hotel & Resto Griya MCM Bojonegoro itu.

**(Kis/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button