10 Transfer Terburuk AC Milan Sepanjang Masa

Milan secara umum lebih banyak melakukan transfer yang benar daripada yang salah selama beberapa dekade terakhir.

Klub San Siro, yang pernah dimiliki oleh Silvio Berlusconi dan dioperasikan oleh Adriano Galliani, bekerja dengan sempurna untuk membeli beberapa pemain terhebat di dunia sepak bola.

Namun, itu tidak berarti bahwa kesalahan tidak pernah terjadi, khususnya selama tahun-tahun kepemilikan yang buruk oleh orang Tiongkok.

© IMAGO

Bahkan, ketika Milan melakukan kesalahan, mereka memang berniat untuk melakukan kesalahan besar.

Berikut adalah 10 perekrutan terburuk dalam sejarah Milan baru-baru ini.

Michael Reiziger – bebas dari Ajax, 1996

Setelah masuknya pemain Belanda yang sangat sukses pada akhir 1980-an dengan Marco van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard, Milan berusaha mengulang formula itu, dengan mendatangkan beberapa pemain hebat Ajax pada pertengahan 1990-an.

Pada tahun 1996, Edgar Davids dan Michael Reiziger meninggalkan Ajax untuk bergabung dengan Milan dengan status bebas transfer. Keduanya memainkan peran besar dalam kemenangan Ajax di Liga Champions tahun 1995 melawan Rossoneri di Wina.

Keduanya terbukti gagal di San Siro, tetapi Reiziger lebih hebat dari keduanya, dengan bek kanan itu hanya bermain 10 kali untuk Milan dalam satu musim yang dilanda cedera. Ia pindah ke Barcelona pada musim panas 1997.

Nikola Kalinic – €25 juta dari Fiorentina, 2017

Pada musim panas yang gila ketika Milan menghabiskan €200 juta, raksasa Italia itu memutuskan untuk menghabiskan €25 juta untuk Nikola Kalinic, membawanya dari Fiorentina.

Kalinic telah membukukan angka-angka yang mengesankan dalam dua musimnya di Florence, tetapi merasa sulit untuk melangkah maju bermain untuk Rossoneri.

© ProShots

Ia berhasil mencetak enam gol dalam satu-satunya musimnya di San Siro, dan segera dipinjamkan ke klub La Liga Atletico Madrid pada musim panas 2018, sebelum dipinjamkan lagi ke Roma dan Hellas Verona.

Milan menghabiskan sebagian besar dari €200 juta mereka dengan buruk pada musim panas 2017 di bawah presiden baru Yonghong Li. Kalinic termasuk yang terburuk, tetapi tidak cukup menjadi No.1.

Ricardo Oliveira – €17,5 juta dari Real Betis, 2006

Milan kehilangan Andriy Shevchenko ke Chelsea pada musim panas 2006 dengan biaya sekitar £30,8 juta. Mereka memutuskan, dengan bodohnya, untuk menghabiskan lebih dari setengahnya untuk merekrut Ricardo Oliveira dari Real Betis.

Pemain Brasil itu, yang saat itu berusia 26 tahun, berjuang untuk beradaptasi dengan kehidupan di Italia. Sebelum pindah, ia hanya memiliki satu musim yang bagus di La Liga, mencetak 22 gol pada musim 2004/05 untuk klub asal Seville tersebut.

Tekanan untuk menggantikan Shevchenko sangat besar, dan Oliveira memulai dengan cukup cemerlang, mencetak gol pada debutnya di Serie A melawan Lazio, tetapi hanya menambah dua gol lagi pada musim itu, dan tidak memainkan peran penting dalam klub tersebut memenangkan Liga Champions.

Ia dipinjamkan ke Real Zaragoza pada musim berikutnya, dan sekali lagi menemukan kehidupan yang lebih mudah di La Liga. Ia mencetak 18 gol dalam 37 pertandingan, dan mereka memutuskan untuk membeli sang penyerang secara permanen pada musim panas 2008.

Fernando Redondo – €14 juta dari Real Madrid, 2000

Pemain secemerlang Redondo seharusnya tidak pantas berada dalam daftar ‘terburuk’, tetapi sayangnya ia masuk dalam daftar ini.

Salah satu pemain nomor 5 Argentina terhebat dalam sejarah terkini, Redondo berada di puncak kejayaannya saat ia menandatangani kontrak dengan Milan pada musim panas tahun 2000.

© ProShots

Ia dipaksa keluar dari Real Madrid oleh pendatang baru Florentino Perez, yang tidak menyukai kenyataan bahwa Redondo berpihak pada mantan presiden Lorenzo Sanz dalam pemilihan klub.

Redondo baru saja melewati musim yang bisa dibilang paling hebat dalam kariernya, sebagai pemain kunci dalam kemenangan Los Blancos di Liga Champions pada tahun 1999-00. Milan membayar sekitar €14 juta untuk membawanya ke Italia di tengah banyaknya keriuhan.

Namun bencana melanda pada hari pertamanya di Milanello. Lututnya retak saat berlatih dan ia absen selama hampir dua tahun. Akhirnya melakukan debutnya untuk klub pada akhir tahun 2002. Cedera Redondo melahirkan “MilanLab” yang terkenal, yang memperpanjang hidup banyak pemain di klub tersebut.

Namun Redondo, pada usia 31 tahun saat ia mengalami cedera, tidak pernah sama lagi. Dalam sebuah pertunjukan kejujuran yang langka, ia menolak menerima gaji hingga ia kembali fit untuk bermain. Milan menunjukkan rasa terima kasih mereka dengan memperpanjang kontraknya untuk satu tahun terakhir, dan ia meninggalkan klub tersebut sebagai pemenang Serie A dan Liga Champions pada tahun 2004.

Patrick Kluivert – bebas dari Ajax, 1997

Satu-satunya hal yang menghalangi penyerang Belanda ini untuk berada di dekat puncak daftar adalah fakta bahwa Milan memperoleh keuntungan besar dari kepergiannya.

Seperti Davids dan Reiziger yang disebutkan sebelumnya, Kluivert datang dari Ajax secara gratis, dengan klub Italia tersebut memanfaatkan aturan Bosman dengan baik.

Kluivert datang pada musim panas 1997, dan sempat bertemu kembali dengan Davids sebelum gelandang tangguh itu pergi ke Juventus pada musim dingin.

Namun, satu-satunya musim Kluivert di klub tersebut buruk. Ia mencetak lima gol liga dalam 27 pertandingan, dan mengikuti Reiziger ke Barcelona.

Waktunya di Milan juga diperparah oleh fakta bahwa Rossoneri juga berada dalam fase transisi, dengan Fabio Capello yang kembali tidak mampu mengembalikan klub ke puncak mereka sebelumnya. Mereka menyelesaikan

Rivaldo – bebas dari Barcelona, ​​2002

Milan memenangkan perlombaan untuk merekrut Rivaldo pada musim panas 2002 setelah kontraknya dengan Barcelona berakhir.

Pemain Brasil berusia 30 tahun itu baru saja menjadi bintang dalam kemenangan Brasil di Piala Dunia di Timur Jauh. Namun, ia mengalami kesulitan hidup di Serie A.

© ProShots

Sebenarnya, Milan tidak perlu merekrut Rivaldo. Ini adalah kasus Berlusconi yang ingin menambah lapisan emas lain padahal itu tidak perlu. Mereka sudah memiliki Shevchenko, Pippo Inzaghi, dan Manuel Rui Costa di klub tersebut di posisi penyerang.

Rivaldo jarang bermain, dan merupakan pemain yang tidak terlalu berperan dalam keberhasilan mereka di Liga Champions 2003. Perannya di klub itu begitu tidak penting sehingga ia diberhentikan menjelang akhir tahun 2003, dan ia kembali ke Brasil untuk bergabung dengan Cruzeiro.

Jose Mari – €19 juta dari Atletico Madrid, 2000

Perekrutan lain yang membingungkan di saat Milan banyak merekrut pemain.

Pemain Spanyol itu tampil mengesankan di Atletico Madrid pada musim 1998/99 dan paruh pertama musim 1999/00. Milan merekrutnya di bursa transfer musim dingin sebagai pengganti George Weah, yang hengkang untuk bergabung dengan Chelsea.

Namun, Jose Mari tidak merasa mencetak gol di Serie A semudah di La Liga. Ia bertahan di klub tersebut selama tiga musim, sebelum akhirnya pindah ke Spanyol pada musim panas 2002.

Leonardo Bonucci – €42 juta dari Juventus, 2017

Milan menghabiskan €42 juta untuk mendatangkan Bonucci dari Juventus pada musim panas 2017 setelah bek tersebut berselisih dengan pelatih Max Allegri.

Bonucci dianggap sebagai permata dalam pesta belanja €200 juta milik Yonghong Li, sampai-sampai ia diberi ban kapten, mencopot kehormatan Gianluigi Donnarumma.

Namun, tanpa kehadiran Giorgio Chiellini untuk menutupi kekurangannya, Bonucci menjadi malapetaka di Milan. Kesalahannya terlihat jelas sejak awal.

© ProShots

Dalam semusim ia kembali ke Juventus, dengan Bonucci kemudian menyadari bahwa rumput tetangga tidak selalu lebih hijau. Ia memperbaiki hubungan dengan Allegri dan beberapa pemain lain dalam skuad yang membuatnya kesal.

Kembali di Turin, ia memainkan peran penting dalam kemenangan Italia di Euro 2020 saat ia mencetak gol penyeimbang dalam kemenangan final atas Inggris di Wembley sebelum mengejek para pecundang setelah pertandingan.

Roque Junior – €8 juta dari Palmeiras, 2000

Bek asal Brasil ini telah menjadi buah bibir karena pertahanannya yang buruk di Inggris, tetapi ia juga sama buruknya di Italia.

Direkrut dari Palmeiras pada tahun 2000, Roque Jr bertahan di Milan selama tiga tahun, dan bahkan memenangkan Liga Champions 2003 bersama Rossoneri, tetapi selalu berada di urutan bawah.

Meskipun dikelilingi oleh pemain seperti Paolo Maldini dan Alessandro Costacurta, pemain Brasil ini tampaknya tidak pernah mempelajari rekan setimnya, karena ia sering kali terlihat sangat terekspos oleh penyerang yang kejam seperti Hernan Crespo, Alessandro Del Piero, David Trezeguet, dan Gabriel Batistuta.

Setelah masa tugasnya di Leeds terbukti sangat buruk, ia dipindahkan ke Siena, tetapi mereka juga tidak terkesan dengannya, dan ia dijual ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2004. Reputasinya hancur berantakan.

Oguchi Onyewu, Tidak Diungkapkan dari Newcastle, 2009

Salah satu perekrutan paling aneh yang pernah dilakukan klub.

Terkenal karena pertengkarannya di tempat latihan dengan Zlatan Ibrahimovic pada akhir 2010, pemain Amerika itu dibeli oleh Milan pada musim panas 2009, tetapi gagal bermain di Serie A.

Ia tampil secara resmi untuk klub di Liga Champions, saat melawan FC Zurich.

Ia meninggalkan klub pada Januari 2011, dipinjamkan ke klub Belanda FC Twente, dan akhirnya bergabung dengan Sporting CP secara permanen setelah kontraknya berakhir.

Sumber footballtansfer

Exit mobile version