Mengapa Persis Solo Akhirnya Melepas Ramadhan Sananta untuk Asian Games 2023, Apakah Karena Takut Dihukum PSSI?

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Persis Solo akhirnya memutuskan untuk melepas Ramadhan Sananta agar dapat mewakili Timnas Indonesia U-24 dalam Asian Games 2023.

Muncul spekulasi sebelumnya yang mengindikasikan bahwa Persis Solo mungkin akan mendapatkan sanksi dari PSSI karena awalnya enggan untuk melepaskan sang penyerang.

Ramadhan Sananta termasuk dalam daftar 22 pemain Timnas Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Asian Games 2023 di Hangzhou.

Namun, bersama dengan Beckham Putra dan Kadek Arel, Sananta mengalami kendala yang membuatnya tidak dapat bergabung dengan skuad Garuda tepat waktu.

Beckham Putra mengalami cedera, sedangkan Kadek Arel mengalami sakit dan bergabung dengan tim di Hangzhou setelah pemulihannya.

Sementara itu, Persis Solo enggan melepaskan Ramadhan Sananta pada awalnya karena mereka mengalami krisis pemain depan pada pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024.

Namun, setelah melalui pertandingan pekan ke-13 dan dengan Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak 16 Besar di Asian Games, Persis Solo akhirnya mengambil keputusan untuk melepaskan Ramadhan Sananta.

Namun, pertanyaan yang muncul adalah: apa alasan di balik keputusan Persis Solo untuk melepaskan Sananta pada akhirnya?

Keputusan Persis tidak melepas Ramadhan Sananta menimbulkan polemik tersendiri. Bukan hanya di kalangan fans, banyak pandit atau pengamat juga berkomentar. Salah satu narasi yang terbangun adalah potensi sanksi dari PSSI.

“Sikap Persis untuk melepas Sananta bukan karena didasari motif untuk terhindar dari hukuman seperti narasi tak berdasar yang disampaikan oleh pengamat di media beberapa waktu lalu,” buka pernyataan resmi Persis.

“Tapi karena pertimbangan klub yang melihat bahwa timnas sedang membutuhkan Sananta berdasarkan performa tim di babak penyisihan Asian Games,” sambung Persis.

Sananta terbang ke Hangzhou pada Senin (25/9/2023) untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Sananta kini sudah berada di Hangzhou.

Persis Solo menyadari bahwa kehadiran Sananta penting bagi Timnas Indonesia U-24. Namun, mereka juga tidak menutup mata bahwa tim pelatih Persis juga sangat membutuhkan jasa eks penyerang Persikabo 1973 tersebut.

“Keputusan ini bisa menjadi jalan tengah untuk kepentingan bersama, sehingga tujuan kompetisi agar PSSI mendapatkan bermain berkualitas bisa sejalan dengan visi-misi para anggota.”

“Persis juga sudah berkoordinasi, bahwa Sananta akan langsung bergabung bersama tim setelah selesai menunaikan tugas kenegaraan bersama timnas,” tulis sikap resmi klub.

Pada hari Sabtu (30/9/2023) mendatang, Persis Solo akan berjumpa Persija Jakarta di Stadion Manahan pada pekan ke-14 BRI Liga 1 2023/2024. Meski kemungkinan tidak diperkuat Sananta, Persis menjamin tetap serius menatap laga ini.

“Melepas Sananta ke timnas bukan berarti melepas target tiga angka pada laga selanjutnya kontra Persija.”

“Persis berharap, keputusan ini akan menjadi lecutan motivasi bagi klub, suporter, dan masyarakat Solo untuk bisa memenangkan laga kandang terakhir di bulan September. Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi semua pihak,” tutup Persis.

Bagikan

Also Read