Baca Ini Tekan HIV, Pemkot Bekasi Bagi-bagi Kondom Gratis Terbaru

Dedi Suparman

Bagikan

Kondom disebar ke RS dan Puskesmas

Berita Terkini; Angka kasus penderita HIV di Kota Bekasi menyentuh 554 orang selama 2022. Pemerintah Kota bekasi membagikan belasan ribu kondom untuk menahan laju penderita HIV.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menjelaskan pihaknya akan membagikan 16.560 kondom selama 2022.

“Penggunaan alat kontrasepsi mampu mengurangi risiko penularan virus HIV hingga 95 persen. Kami bagi-bagikan untuk mencegah penularan HIV,” kata Tanti dalam keterangan pers yang ditulis Satu Viral di Jakarta, Senin (19/09/2022).

Namun Pemkot tidak membagikan kondom ke sembarang tempat dan sembarang orang. Kondom tersebut akan diberikan kepada fasilitas kesehatan yang memiliki perawatan dan pengobatan HIV. Di antaranya RSUD Cashbullah Abdul Madjid, RS Elisabeth, dan RS Ananda Bekasi.

Selain itu, kondom juga dibagikan ke Puskesmas Perumnas II, Puskesmas Mustika Jaya, Puskesmas Karang Kitri, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Kali Abang Tengah, serta. Puskesmas Jati Sampurna.

Viral! ODGJ Lecehkan Anak Perempuan di Rumah Susun

Rakyatnesia

“Alat kontrasepsi ini selanjutnya akan didistribusikan kepada pasangan diskordan HIV. Ini sebagai pencegahan sekaligus memutus rantai penularan pada pasangan,” jelasnya.

Tati menjelaskan pasangan diskordan adalah pasangan yang salah satunya terjangkit HIV. Saat dalam kondisi baik, mereka bisa melakukan hubungan seksual di masa subur

Selain pembagian kondom, Dinas kesehatan Kota Bekasi juga melakukan serangkaian upaya untuk mencegah penularan HIV. Salah satunya melaksanakan agenda workshop serta skrining kelompok berisiko.

“Kami juga melakukan skrining dan edukasi terkait HIV setiap Minggu. Tepatnya saat pelaksanaan Car Free Day. Edukasi ini melibatkan aktivis ataupun pegiat HIV,” ujar Tanti.

Penderita HIV Sentuh 554 Orang

Berdasarkan catatan Dinkes KOta Bekasi tercatat ada 554 kasus HIV sepanjang Januari-Agustus 2022. Rinciannnya 65 kasus pada Januari, 69 kasus di Bulan Februari, Maret 67 kasus. Selain itu pada April ada 62 kasus, Mei 45 kasus, Juni 71 kasus, Juli 55 kasus, dan Agustus dengan 120 kasus.

Penderita HIV di Kota Bekasi didominasi warga berusia 25-49 tahun dengan total 475 kasus. Disusul rentan umur 20-24 dengan 113 kasus, usia di atas 50 tahun dengan 44 kasus, dan 15-19 dengan 14 kasus, serta 4 kasus usia di bawah 4 tahun.

“Data kasus tahun ini ditemukan melalui hasil tes kepada warga berdomisili atau KTP Kota Bekasi maupun luar Bekasi yang tinggal di sini. 431 jiwa berjenis kelamin pria dan 123 wanita,” pungkasnya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Bagikan

Also Read