Cerita Ricky Pengamen Jogja Seolah-Olah Jerry Yan, Pernah Ikut Audisi Penelusuran Bakat, Sekarang Malah Viral

moch akbar fitrianto

Cerita Ricky Pengamen Jogja Seolah-Olah Jerry Yan, Pernah Ikut Audisi Penelusuran Bakat, Sekarang Malah Viral
Bagikan

Cerita Ricky Pengamen Jogja Mirip Jerry Yan, Pernah Ikut Audisi Pencarian Bakat, Kini Malah Viral

TRIBUNTRENDS.COM – Viral seorang pengamen memiliki paras ganteng kolam artis.

Pengamen berjulukan Ricky Riyanto (23) ini disebut-sebut menyerupai Jerry Yan hingga Angga Yunanda.

Kini terkuak kisah Ricky Riyanto hingga balasannya menjadi seorang pengamen di Yogyakarta.

Karib disapa Cekaye, ia ialah satu di antara pengamen sekian banyak di wilayah Yogyakarta.

Kendati begitu, Cekaye rupanya bukanlah warga orisinil Yogyakarta.

Ia justru cowok 23 tahun kelahiran Jambi dan gres merantau ke Yogyakarta sempurna diusia 17 tahun.

Mulanya ia berniat mengikuti tes masuk perguruan tinggi tinggi di tahun 2018.

Cekaye, pengamen di Yogyakarta yang disebut-sebut menyerupai Jerry Yan hingga Angga Yunanda.
Cekaye, pengamen di Yogyakarta yang disebut-sebut menyerupai Jerry Yan hingga Angga Yunanda. (TikTok @cky.cekaye)

Sayangnya dikala itu ia justru tak lolos seleksi dan menentukan kembali ke Jambi.

Setelah melakukan pekerjaan selama beberapa bulan di Jambi, balasannya ia menentukan kembali ke Yogyakarta untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi tinggi.

Lagi-lagi ia gagal dan sejak dikala itu ia berpikir untuk mengikuti audisi penelusuran talenta bernyanyi sembari berada di Yogyakarta.

Sayangnya ia cuma lolos ditahap awal-awal saja tetapi tak lolos hingga ke babak selanjutnya.

Oleh karena itu, untuk bertahan hidup balasannya ia putuskan untuk menjadi seorang pengamen.

“Awalnya saya ngamen dari warung ke warung gara-gara ada penerima pas audisi pengamen. Dia ngajakin saya buat ngamen. Akhirnya survive dari ngamen. Dari situ juga pemasukan utama masih dari ngamen,” ceritanya terhadap TribunJakarta.com, Selasa (5/9/2023) malam.

Di tahun 2020, ia mulai menjajal untuk mengamen dari cafe ke cafe lain. Namun seluruhnya tak berlangsung mulus di saat pandemi melanda.

Sejumlah cafe pun tutup dan ia memutar otak untuk tetap sanggup bertahan hidup diperantauan.

Akhirnya dengan sisa duit ngamen, dirinya melengkapi perlengkapan musiknya. Sehingga jauh lebih mendukung di saat mengamen.

Cekaye, pengamen di Yogyakarta yang disebut-sebut menyerupai Jerry Yan hingga Roger Danuarta.
Cekaye, pengamen di Yogyakarta yang disebut-sebut menyerupai Jerry Yan hingga Roger Danuarta. (TikTok @cky.cekaye)

“Sampai momen lockdown ngamennya stop. Akhirnya gak sanggup ke Malioboro. Nah kemudian permulaan pertama kali ngamen di pinggir jalan itu di deket UNY di tahun 2021. Kali ini saya berdua, satu lagi collecting kita sebutnya,” lanjutnya.

Setelah keadaan membaik ia mengisi job menyanyi dalam program pensi kampus. Dari sinilah jalannya mulai terbuka.

Ia mulai mendapat banyak kenalan bermusik sembari tetap mengamen di jalan.

Hingga balasannya di tahun ini ia viral karena wajahnya dikatakan menyerupai dengan bintang film F4 yakni Jerry Yan hingga Angga Yunanda ketika berambut pendek.

“Akhirnya pindah 2023 ngamen di Lengkung Gading bersahabat alun-alun selatan Yogya. Karena di kolombo udah rasa kurang oke. Sejak di Kolombo ada yang viral kan videonya karena banyak yang videoin juga,” ungkapnya.

Tahu Anak Sekolah Menengah Pertama Berdasi Silang Ini? Pengamen yang Makara Penyanyi Kondang, Dihujat Karena Suka Cover

Siapa yang kenal dengan sosok anak Sekolah Menengah Pertama yang mengenakan dasi silang ini?

Sebelum berhasil menyerupai sekarang, lelaki ini sempat jadi pengamen.

Syukurnya berkat kerja keras, ia kini berubah menjadi jadi penyanyi populer dan memiliki istri anggun yang sama-sama luar biasa dalam menyanyi.

Pria ini kerap menuai caci maki dari warganet karena sering cover lagu milik penyanyi lain.

Selain itu, dirinya juga pernah dituding mencemooh anak disabilitas, siapakah dia?

Potret lawas Tri Suaka bareng  teman-temannya.
Potret lawas Tri Suaka bareng teman-temannya.

Ya, ia yakni Tri Suaka, namanya mulai dipahami banyak orang sejak me-cover atau menyanyikan lagu milik orang lain.

Sementara itu, jauh sebelum dipahami dan populer, perjalanan karier Tri Suaka tidaklah mudah.

Hal ini terlihat dari beberapa potret lawasnya yang diunggah di media sosial.

Pria berusia 29 tahun itu menghabiskan masa kecilnya di Baturaja, Sumatera Selatan.

Lewat unggahan di akun media sosialnya, suami Nabila Maharani itu sempat membagikan potret lawasnya bareng teman-temannya.

Sejak remaja, Tri Suaka sudah gemar bermain gitar dan dikaruniai bunyi yang bagus.

Lewat unggahan di media sosialnya, Tri Suaka juga kerap membagikan momen dirinya sedang main gitar.

Selain cuma main musik, Tri Suaka juga kerap menyempatkan waktunya untuk mendaki gunung.

Saat masih remaja, Tri Suaka dipahami selaku cukup umur yang aktif.

Tri Suaka dikala memainkan DJ.
Tri Suaka dikala memainkan DJ.

Sebelum jadi penyanyi, Tri Suaka pernah menjajal karier selaku DJ.

Namun, karier DJ-nya tak semoncer karier menyanyinya.

Saat ini Tri Suaka dipahami selaku penyanyi kondang.

Sering Dihujat

Beberapa waktu lalu, Tri Suaka jadi materi pergunjingan warganet gara-gara menghasilkan video parodi gaya bernyanyi Andika Kangen Band.

Bersama Zinidin Zidan, Tri Suaka menyanyikan lagu Kangen Band bertajuk Selingkuh dan Penantian yang Tertunda.

Dalam video yang beredar di media sosial, Tri Suaka memainkan gitar, bernyanyi, sambil sesekali tersenyum.

Sementara itu, Zinidin duduk di belakangnya dan menyerupai berusaha menahan tawa dengan menutup mulutnya di saat menyaksikan Tri Suaka bernyanyi.

Bukan sekadar menyanyi, Tri Suaka dan Zinidin Zidan terlihat menirukan ekspresi hingga bunyi Andika di saat bernyanyi.

Video tersebut kemudian viral dan berujung pada kritikan netizen karena Tri Suaka dan Zinidin Zidan dianggap tidak menghargai karya dan mencemooh Andika Kangen Band.

Tak usang setelah video viral dan mendapat caci maki netizen, Tri Suaka dan Zinidin Zidan meminta maaf.

Mereka mengaku menyesal, dan mengklaim tidak berniat menyinggung siapa saja dalam video parodi tersebut.

Tri Suaka dan Zinidin Zidan minta maaf pada Andika Kangen Band.
Tri Suaka dan Zinidin Zidan minta maaf pada Andika Kangen Band. (Instagram)

Selain itu, Tri Suaka dengan Zinidin Zidan juga sempat jadi sorotan publik usai menghasilkan video yang dinilai mencemooh anak berkebutuhan khusus.

Dalam video yang tidak dimengerti sumber dan kapan dibentuk tersebut, Tri Suaka dan Zidan menghasilkan sejumlah gerakan juga mimik muka tertentu yang dianggap netizen melecehkan anak berkebutuhan khusus.

Netizen berang dan menuntut seruan maaf dari mereka.

Tak usang berselang, Tri Suaka dan Zinidin Zidan meminta maaf setelah dituding mencemooh anak berkebutuhan khusus dalam suatu video yang viral di media sosial.

Tangkapan layar video Tri Suaka dan Zinidin Zidan dianggap ejek gerakan anak berkebutuhan khusus (ABK).
Tangkapan layar video Tri Suaka dan Zinidin Zidan dianggap ejek gerakan anak berkebutuhan khusus (ABK). (TikTok – Instagram)

Dalam unggahan di media sosial, Tri Suaka bersumpah dirinya dan Zidan yang ada dalam video tersebut tidak bertujuan melecehkan atau mencemooh anak berkebutuhan khusus.

“Kepada orang renta yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Demi Allah, saya dan Zidan tidak ada niat sama sekali untuk melecehkan atau mencemooh Anak Berkebutuhan Khusus,” tulis Tri Suaka.

“Apa yang kami peragakan dalam video yang viral belakangan, yakni gerakan dalam demam isu KULBET (kul banget) yang terkenal di Tiktok/IG,” lanjutnya.

Menikah

Tri Suaka sudah resmi menikah dengan Nabila Maharani pada Kamis (27/4/2023) kemudian di di Queen of the South Resort, Parangtritis, Yogyakarta.

Pernikahan tersebut digelar secara intimate atau tertutup.

Dikutip dari YouTube TRANS TV Official, Rabu (17/5/2023), Nabila Maharani mengaku keluarga pun setuju dengan komitmen nikah tertutup itu.

“Ini kan kalian memilihnya untuk pernikahannya intimate gitu lah ya.”

“Orangtua sebenernya setuju aja gitu intimate?” tanya Feni Rose selaku host.

“Setuju aja,” jawab Nabila Maharani.

Tri Suaka dan Nabila Maharani sah jadi suami istri.
Tri Suaka dan Nabila Maharani sah jadi suami istri.

Biasanya, artis atau publik figur yang sedang naik daun akan menggelar komitmen nikah secara mewah.

Namun, hal tersebut tak terjadi dalam komitmen nikah Nabila Maharani dan Tri Suaka.

“Kalian kan lagi naik daun banget, umumnya jika lagi naik daun itu pengennya ‘Wah’ (mewah), banyak orang yang diundang, besar-besaran,” ucap Feni Rose.

Tak disangka, rupanya Tri Suaka justru bahwasanya ingin cuma menikah di KUA.

“Saya malah mau KUA aja, Kak,” ungkap Tri Suaka.

Namun, Nabila Maharani tak setuju dengan cita-cita Tri Suaka tersebut.

“Sebenernya? Siapa yang nggak setuju tuh?” tanya Feni Rose.

“Saya,” sahut Nabila kemudian tertawa.

“Kamu ya tentunya, tetep pengen ada program ya,” Feni Rose paham dengan yang dinikmati Nabila.

Di segi lain, Tri Suaka disinggung wacana argumentasi dirinya cuma ingin di KUA.

“Kenapa kau pengen di KUA aja sih Tri Suaka? Biar cepet ya?” Feni Rose menjajal memastikan.

“Biar cepet selesainya, sat set sat set,” beber Tri.

Kendati demikian, balasannya keduanya setuju untuk menggelar komitmen nikah secara tertutup.

Pernikahan tersebut pun cuma didatangi oleh keluarga.

“Dari kita berdua udah setuju jika pengennya intimate aja yang hadir, memang keluarga aja,” tutup Nabila Maharani.

(TribunJakarta/TribunTrends/Jonisetiawan)

 

Diolah dari postingan di TribunJakarta.com

Bagikan

Also Read

Tags