Manchester United Sering Terjerat dalam Investasi yang Kurang Menguntungkan: Inilah Perspektif Erik Ten Hag

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Manchester United sering kali berbelanja besar dalam setiap jendela transfer pemain, terutama di musim panas. Hanya pada tahun 2023, MU menghabiskan lebih dari 170 juta poundsterling untuk mengamankan tujuh pemain baru untuk tim utama mereka.

Pada musim panas 2023, Manchester United merekrut sejumlah pemain, termasuk Mason Mount, Andre Onana, Rasmus Hojlund, Jonny Evans, Sofyan Amrabat, Altay Bayindir, dan Sergio Reguilon. Pembelian Hojlund menjadi yang paling mahal, dengan biaya transfer mencapai 72 juta poundsterling setelah perekrutannya dari Atalanta.

Beberapa musim sebelumnya, Manchester United juga melakukan pembelian besar dengan harga yang tinggi. Mereka mengontrak Paul Pogba dengan biaya 94,5 juta poundsterling, Harry Maguire (80 juta poundsterling), Antony (86 juta poundsterling), Jadon Sancho (76,5 juta poundsterling), Romelu Lukaku (76,2 juta poundsterling), dan Angel Di Maria (67,5 juta poundsterling).

Namun, sayangnya, sebagian besar dari pemain-pemain mahal yang dibeli oleh MU tersebut tidak mencapai kesuksesan yang diharapkan. Bahkan, klub mengalami kerugian finansial ketika melepaskan Lukaku, Di Maria, dan Pogba.

Praktis tinggal Maguire, Antony dan Sancho yang masih bercokol di Old Trafford. Namun Maguire jadi bulan-bulanan fans karena kerap membuat blunder. Sancho tak kunjung menemukan kehebatannya seperti ketika masih di Borussia Dortmund.

Malahan Sancho kini ribut dengan manajer Erik ten Hag. Yang parah adalah Antony. Pemain asal Brasil tersebut sedang tersandung kasus penganiayaan.

Menanggapi isu MU sering kena tipu investasi bodong dalam membeli pemain, Ten Hag mengungkapkan penyebabnya. Menurutnya MU selama ini memang sering dikerjain klub-klub lain dengan menaikkan bandrol pemain yang diincar oleh Setan Merah.

MU sebenarnya tak mau membayar pemain terlalu mahal, tapi keadaan yang memaksa mereka keluar uang banyak yang kadang kemahalan.

“Saya pikir semua tim mengeluarkan banyak uang. Saya pikir Brighton juga mengeluarkan uang seperti orang lain dan ketika Manchester United datang, harganya akan dinaikkan, itulah kenyataannya,” tutur Ten Hag.

Tiga rekrutan mahal MU di musim panas 2023 yakni Mount, Onana dan Hojlund juga mulai digadang-gadang sebagai calon investasi bodong. Mount minim kontribusi di awal musim 2023/2024, Hojlund masih mandul sejauh ini.

Yang paling memprihatinkan adalah Onana. Pria asal Kamerun itu tak berdaya di awal kariernya di Inggris. Gawang Onana sudah bobol 10 kali dari lima pertandingan di Premier League. Onana cuma sekali saja bisa clean sheet.

Bagikan

Also Read