Karier Gemilang Gavi: Dari Real Betis hingga Berkilau di Barcelona

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Pemain muda berbakat, Gavi, adalah salah satu sorotan di Barcelona. Meskipun ia masih sangat muda, pemain yang berasal dari akademi Real Betis ini telah menjadi pemain kunci untuk Barcelona dan Timnas Spanyol.

Pertandingan La Liga antara FC Barcelona dan Real Betis di Estadi Olímpic pada Minggu (17/9/2023) dini hari WIB akan menjadi pertandingan yang istimewa bagi salah satu pemain.

Pablo Martin Paez Gavira, yang lebih dikenal dengan nama Gavi, sekarang menjadi pemain reguler untuk Barça dan telah tampil dalam 100 pertandingan untuk tim utama. Ia mencatatkan prestasi menjadi pemain termuda yang mencapai 100 penampilan untuk Los Blaugrana, meraih pencapaian ini pada usia 19 tahun 29 hari.

Namun, delapan tahun yang lalu, ia masih bermain di akademi Real Betis.

Meskipun masih muda dan berpostur tubuh kecil, Gavi telah meraih penghargaan Golden Boy dan Kopa Trophy yang merupakan penghargaan prestisius, serta ia mampu mengatasi kurangnya pengalaman dan ukurannya melalui pemahaman bawaannya tentang permainan sepak bola.

Lahir di provinsi Sevilla, Gavi selalu mencuat di antara teman-temannya dan saat tumbuh dewasa, dia dijuluki Oliver Atom, seperti pemain bintang dalam seri manga ‘Captain Tsubasa’.

Kemampuan alaminya membawanya bergabung dengan akademi Real Betis dan kemudian, pada usia 11 tahun, dia pindah ke Catalonia untuk masuk ke sekolah bergengsi FC Barcelona, La Masia.

Di sana, dia sering bermain dengan pemain sepak bola yang lebih tua darinya dan selalu mampu bermain dengan baik, belajar bagaimana menggunakan bakat yang dimilikinya dengan cara yang paling efektif.

Hal ini membawanya untuk naik ke level sepak bola senior dengan cepat, pertama kali bersaing melawan pemain dewasa ketika dia debut untuk Barcelona B pada 21 Februari 2021, pada usia 16 tahun 200 hari.

Kemudian, pada tahun yang sama, Ronald Koeman cukup percaya pada Gavi untuk memberikan kesempatan kepada pemuda ini debut dalam tim utama, dalam pertandingan pada 29 Agustus 2021 melawan Getafe CF di La Liga, ketika gelandang ini baru berusia 17 tahun 25 hari.

Secara langsung, Gavi terlihat cocok di La Liga. Dia seakan-akan sudah bermain untuk tim utama FC Barcelona selama bertahun-tahun. Gavi bermain dengan dewasa, melebihi usianya.

Bisa bermain di sisi mana pun dari dalam formasi gelandang tengah, atau bahkan sebagai pemain sayap kiri, Gavi telah menjadi pemain yang sangat berguna untuk FC Barcelona.

Apakah dia tampil sejak awal atau masuk sebagai pemain pengganti, dia selalu memberikan yang terbaik dan meskipun tubuhnya kecil, dia mampu melepaskan diri dari bek lawan saat dia menggiring bolanya melalui lini pertahanan, untuk melepaskan umpan pembunuh.

Hal ini membuatnya menjadi pemain reguler untuk klub Catalan ini dan juga untuk tim nasional Spanyol. Pada 6 Oktober 2021, hanya 62 hari setelah ulang tahun ke-17, dia menciptakan sejarah.

Dengan memulai pertandingan semifinal UEFA Nations League melawan Italia, pemain tengah ini menjadi pemain termuda yang pernah tampil untuk tim nasional senior negaranya, rekor yang kemudian dilampaui oleh rekan setimnya, Lamine Yamal.

Gavi telah bermain dalam 23 pertandingan untuk La Roja dan mencetak empat gol, salah satunya melawan Kosta Rika dalam Piala Dunia 2022. Dengan mencetak gol pada usia hanya 18 tahun dan 110 hari, dia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia sejak Pele 64 tahun yang lalu.

Meskipun memiliki kenaikan karier yang hampir tak tertandingi, Gavi tetap rendah hati dan selalu mengingat asal-usul dan waktunya saat selama fase junior di akademi Real Betis.

“Saya mencoba menjadi diri saya sendiri, tidak lebih dari itu. Segalanya berjalan sangat cepat dan hal-hal yang tidak bisa saya bayangkan terjadi padaku,” ucap Gavi pada Marca.

“Tapi, saya memiliki banyak orang di sekitar saya yang membantu saya. Saya tahu di mana saya berada, siapa saya, dan dari mana asal saya,” tegasnya.

Ketika Gavi bermain pada Minggu dini hari untuk menghadapi Los Verdiblancos, banyak kenangan pasti akan terlintas dalam pikiran bintang muda ini.

Bagikan

Also Read