FeaturedSosial & Budaya

Memasuki Tahun 1440 Hijriyah, Ponpes Miftahul Huda dan Warga Sendangrejo, Dander, Gelar Istigosah

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Menyambut datang tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah, warga Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, gelar istigosah dan tahtimul qur’an, yang dilaksanakan di Lapangan desa setempat, Selasa (11/9/2018).

Kegiatan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah itu, dimulai sekira pukul 06:00 wib hingga berakhir sekira pukul 07:30 wib. Kegiatan yang diikuti sekitar seribu lebih warga desa setempat bersama Pengasuh serta santri Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda desa setempat itu, berlangsung secara khusu’.

Ketua panitia Istigosah dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah K. Ahmad Rozikin mengatakan, bahwa sebelumnya kegiatan serupa, sudah berlangsung selama 3 (tiga) tahun berjalan.

Hanya saja, sebelumnya kegiatan menyambut 1 Muharam dilaksanakan di pertigaan, di perempatan dan di jalan-jalan desa, hingga syiarnya kurang nampak. Makanya, untuk tahun ini kegiatan dipusatkan di lapangan desa setempat.

Jamaah putri yang mengikuti Istigosah dan tahtimul qur an, yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda dan warga Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang digelar di Lapangan desa setempat, Selasa (11/9/2018).

“Pengasuh Ponpes Miftahul Huda K. Sultonul Muhibin, memberikan usul agar kegiatan Peringatan 1 Muharam ditempatkan di lapangan desa sehingga usul itu kemudian kita musyawarahkan dengan pihak Pemerintah desa Sendangrejo,” ungkap Ketua Panitia K. Ahamd Rozikin.

Bak gayung bersambut, Kades Sendangrejo Moh Mustain menyetujui usulan tersebut, hingga akhirnya kegiatan bisa dilaksanakan di Lapangan Desa Sendangrejo, di hari Selasa tanggal 11 September 2018 ini.

Istigosah kubro dipimpin oleh Pengasuh Ponpes Miftahul Huda Sendangrejo K. Sultonul Muhibin, berlangsung dengan baik dan lancar. Sebelumnya, di malam tahun baru telah dilaksanakan tahtimul qur’an.

“Kita awali tahun baru 1 Muharram 1440 Hijriyah dengan melaksanakan Istigosah seraya berdo’a agar kita selalu dalam lindungan Allah SWT, diberikan keselamatan, rejeki yang halal, sehat wal afiat, panjang umur yang bermanfaat sehingga kita akan selamat di dunia dan akhirat kelak,” pungkas K Ahmad Rozikin.

**(Kis/Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button