Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) Resmi Memecat Hansi Flick dari Timnas Jerman

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) telah mengambil langkah drastis dengan memecat pelatih Hansi Flick bersama dua asistennya, Marcus Sorg dan Danny Rohl, pada hari Minggu (10/9).

Keputusan pemecatan ini didasarkan pada hasil yang mengecewakan yang telah dicapai timnas Jerman di bawah kepemimpinan Flick. Sebagai tuan rumah Piala Eropa tahun depan, DFB merasa perlu untuk mencari solusi yang lebih baik.

Bernd Neuendorf, Presiden DFB, menyatakan bahwa komite sepak bola telah menyepakati pemecatan ini karena hasil yang tidak memuaskan dalam beberapa pertandingan terakhir.
“Dekatnya Piala Eropa musim panas mendatang menuntut kami memiliki kepercayaan diri dan optimisme dalam tim kami,” ujarnya dalam pernyataan yang dikutip dari situs DFB.

Neuendorf juga menambahkan, “Ini adalah salah satu keputusan tersulit yang pernah saya ambil selama menjabat, karena saya sangat menghargai Hansi Flick dan stafnya, baik dari segi profesionalisme maupun hubungan pribadi.

Namun, kesejahteraan olahraga adalah hal yang paling penting bagi DFB, itulah sebabnya kami harus mengambil langkah ini.”

Daftar buruk Jerman dalam pertandingan internasional belakangan ini turut menjadi faktor penentu. Kekalahan telak 1-4 dari Jepang dalam pertandingan uji tanding FIFA Match Day menjadi tambahan dari rangkaian hasil buruk mereka.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2023, Jerman telah mengalami kekalahan dari Kolombia, Polandia, dan Belgia. Mereka juga bermain imbang dengan Ukraina. Kemenangan terakhir mereka adalah saat melawan Peru pada Maret 2023.

Selanjutnya Jerman akan berhadapan dengan Prancis dalam ajang uji coba, Selasa (12/9). Pada laga tersebut, Jerman akan ditangani Direktur Teknik Rudi Voller yang menjadi pelatih sementara Jerman didampingi Hannes Wolf dan Sandro Wagner.

“Hansi Flick bekerja sangat keras selama beberapa bulan terakhir dengan tim pelatihnya untuk mencoba membalikkan keadaan setelah Piala Dunia di Qatar. Sayangnya, dia belum mampu melakukannya. Pertandingan Jepang jelas menunjukkan kami bahwa kami tidak dapat melanjutkan seperti ini,” jelas Voller.

Sebelumnya Voller memiliki keyakinan Flick bisa mengubah situasi, namun kekalahan telak dari Jerman membuatnya mengambil jalan lain.

“Tugas kami yang paling mendesak adalah menemukan pelatih baru yang dapat membantu memberikan dorongan segar bagi tim dan kemudian dapat mempersiapkan mereka untuk EURO 2024 tahun depan,” tukas mantan pemain timnas Jerman tersebut.

Flick juga sebelumnya gagal membuat Jerman bersinar di Piala Dunia 2022. Pelatih yang menangani Jerman sejak 2021 sebagai pengganti Joachim Low itu tak bisa membawa Kai Havertz dan kawan-kawan melewati fase grup.

Bagikan

Also Read