Bintang That 70’s Show Akhirnya Dihukum 30 Penjara Dalam Kasus Pemerkosaan

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Bintang dari sitkom That 70’s Show, Danny Masterson, akhirnya dijatuhi hukuman 30 tahun penjara dalam kasus pemerkosaan dua perempuan yang terjadi di rumahnya sekitar dua dekade yang lalu. Keputusan ini merupakan akhir dari perjuangan hukum yang panjang.

Danny Masterson, seorang aktor asal Amerika Serikat, dituduh membius rekan-rekannya yang juga anggota Church of Scientology pada tahun 2001 dan 2003. Setelah itu, ia membawa mereka ke rumahnya yang terletak di kawasan Hollywood Hills, Los Angeles, dan melakukan tindakan pemerkosaan terhadap mereka.

Hukuman 30 tahun penjara yang diberikan kepada Masterson adalah akumulasi dari hukuman 15 tahun untuk masing-masing korban pemerkosaan, yang merupakan hukuman maksimal sesuai dengan hukum yang berlaku. Keputusan ini diambil setelah Masterson dinyatakan bersalah pada bulan Mei 2023 dalam persidangan kedua. Sejak saat itu, ia telah dipenjara dan diharapkan akan mendapatkan pembebasan bersyarat dalam waktu 25,5 tahun.

Meskipun hukuman tersebut telah dijatuhkan, Hakim Charlaine Olmedo menyadari bahwa Danny Masterson mungkin akan terus berusaha mengaku tak bersalah dan mengajukan banding. Kasus ini mencerminkan pentingnya keadilan dalam menangani kasus pemerkosaan dan memberikan korban perlindungan yang pantas.

Namun, ia menyatakan tindakan Masterson telah mengambil bahkan menghilangkan suara dan pilihan korban dalam hidup mereka.

“Tuan Masterson, kamu bukan korban di sini,” kata Charlaine Olmedo seperti diberitakan AFP, Jumat (8/9).

Tak hanya hukuman penjara, Danny Masterson juga diwajibkan mendaftarkan dirinya sebagai pelaku pelanggaran seksual untuk sepanjang hidupnya setelah keluar dari penjara.

Dalam persidangan, Danny Masterson didampingi istrinya, Bijou Phillips dan saudara laki-lakinya, Christopher Masterson. Ia memilih tak berkomentar saat mendengar putusan 30 tahun penjara.

Salah satu korban yang diidentifikasi sebagai Jane Doe 2 berkomentar mengenai hal itu.

“Saya memaafkanmu. Penyakitmu bukan urusanku lagi saat ini,” tuturnya.

“Pemerkosaan adalah pencurian jiwa,” tuturnya.

Sementara itu, Shawn Holley selaku kuasa hukum mengatakan pihak Danny Masterson akan mengajukan banding. Mereka menyatakan tuduhan pemerkosaan melukai karier aktor tersebut.

Putusan itu merupakan satu dari beberapa kasus pelecehan lainnya. Ia pertama kali dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa perempuan pada 2017. Hal itu membuatnya didepak dari proyek The Ranch Netflix.

Bagikan

Also Read