Segala yang Perlu Diketahui Mengenai Ballon d’Or 2023: Kapan Pengumuman dan Nominasinya

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Ballon d’Or 2023 akhirnya telah tiba, dan daftar 30 nominasi untuk edisi tahun ini telah diungkap. Hal ini berarti bahwa sebentar lagi pemenang Ballon d’Or akan diumumkan.

Ballon d’Or sering dianggap sebagai penghargaan paling prestisius bagi pesepakbola profesional. Meraih Ballon d’Or adalah impian bagi setiap pemain yang ingin diakui sebagai yang terbaik di dunia.

Seperti biasanya, setiap tahun Ballon d’Or akan mengumumkan daftar nominasi awal pesaing-pesaingnya. France Football biasanya merilis daftar 30 nominasi yang kemudian akan menyempit hingga tiga nama finalis.

Pada Kamis, 7 September 2023 dini hari WIB, daftar 30 pemain nominasi telah diumumkan. Di dalamnya terdapat beberapa nama menarik, seperti Lionel Messi, Erling Haaland, Vinicius Junior, dan Khvicha Kvaratskhelia.

Sayangnya, Cristiano Ronaldo tidak berhasil masuk dalam daftar 30 besar yang prestisius tersebut tahun ini. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh performa Ronaldo yang dianggap kurang optimal sepanjang musim 2022/2023.

Ballon d’Or adalah penghargaan sepak bola individu tahunan yang diselenggarakan oleh majalah berita asal Prancis, France Football yang sudah dimulai sejak tahun 1956 silam.

Setiap tahunnya, Ballon d’Or melibatkan ratusan profesional untuk mencapai daftar final dan menentukan pemenang. France Football mengumpulkan suara para jurnalis dari negara-negara ranking 100 besar FIFA. Setiap jurnalis diminta memilih 5 besar pemain pilihan mereka.

France Football bakal melangsungkan seremoni untuk Ballon d’Or 2023 di Theatre du Chatelet, Paris, pada 30 Oktober 2023. Dalam seremoni inilah juara Ballon d’Or 2023 akan diumumkan.

Menurut sejumlah media Eropa, Lionel Messi masih jadi favorit utama peraih Ballon d’Or 2023. Messi sudah meriah tujuh trofi, tahun ini mungkin dia bakal meraih trofi kedelapan.

Memilih Messi memang mudah. Desember 2022 lalu, dia mewujudkan mimpi dengan menuntun Argentina jadi juara dunia. Mereka mengalakan Prancis di final Piala Dunia 2022 Qatar.

Messi mencetak tujuh gol sepanjang turnamen, termasuk dua gol di final. Dia pun meraih Goden Ball untuk Piala Dunia 2022 kemarin.

Daftar Lengkap Nominasi Ballon d’Or 2023

-Josko Gvardiol (Manchester City)
-Andre Onana (Manchester United)
-Karim Benzema (Al Ittihad)
-Jamal Musiala (Bayern Munich)
-Mohamed Salah (Liverpool)
-Jude Bellingham (Real Madrid)
-Bukayo Saka (Arsenal)
-Randal Kolo Muani (PSG)
-Kevin De Bruyne (Manchester City)
-Bernardo Silva (Manchester City)
-Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)
-Emi Martinez (Aston Villa)
-Ruben Dias (Manchester City)
-Nicolo Barella (Inter Milan)
-Erling Haaland (Manchester City)
-Martin Odegaard (Arsenal)
-Ilkay Gundogan (Barcelona)
-Julian Alvarez (Manchester City)
-Yassine Bounou (Al Hilal)
-Vinicius Junior (Real Madrid)
-Rodri (Manchester City)
-Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
-Lionel Messi (Inter Miami)
-Lautaro Martinez (Inter Milan)
-Robert Lewandowski (Barcelona)
-Kylian Mbappe (PSG)
-Kim Min-Jae (Bayern Munchen)
-Luka Modric (Real Madrid)
-Harry Kane (Bayern Munchen)
-Victor Osimhen (Napoli)

Bagikan

Also Read