Ronaldo Mengalami Nasib Tragis dengan Tidak Masuk Nominasi Ballon d’Or 2023 setelah 20 Tahun

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Pada Rabu (6/9), pengumuman nominasi Ballon d’Or 2023 secara resmi telah dilakukan, dan untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir, nama Cristiano Ronaldo tidak terdaftar dalam 30 nominasi teratas.

Majalah France Football telah mengumumkan daftar nominasi Ballon d’Or 2023, dengan pemenang akan diumumkan dalam acara penghargaan yang akan digelar di Theatre du Chatelet, Paris, pada tanggal 30 Oktober mendatang.

Ballon d’Or 2023 adalah penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik di dunia berdasarkan penampilan mereka sepanjang musim 2022/2023. Tahun ini, Manchester City mendominasi daftar nominasi dengan tujuh pemain yang masuk dalam daftar tersebut.

Julian Alvarez, Kevin De Bruyne, Ruben Dias, Josko Gvardiol, Erling Haaland, Rodri, dan Bernardo Silva termasuk dalam nominasi Ballon d’Or 2023. Keenam pemain tersebut, kecuali Gvardiol, berhasil membantu Manchester City meraih treble pada musim sebelumnya.

Hal menarik dari nominasi Ballon d’Or tahun ini adalah tidak ada nama Cristiano Ronaldo. Kali terakhir nama Ronaldo tidak masuk nominasi Ballon d’Or adalah pada 2003. Sejak saat itu CR7 selalu masuk nominasi, termasuk merebut gelar Ballon d’Or pada 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017.

Musim lalu ketika Ronaldo memutuskan bergabung dengan Al Nassr di Liga Arab Saudi, nama penyerang asal Portugal itu masih masuk nominasi Ballon d’Or dan finis di posisi 20.

Sementara pemain-pemain langganan masuk nominasi Ballon d’Or juga masih ada. Lionel Messi, Robert Lewandowski, Luka Modric, Mohamed Salah, Kylian Mbappe hingga pemenang tahun lalu, Karim Benzema, juga kembali menjadi nomine.

Fakta menarik lain dari nominasi Ballon d’Or 2023 adalah, Arsenal untuk kali pertama sejak 2009 memiliki dua pemain yang masuk nominasi: Bukayo Saka dan Martin Odegaard. Pada 2009 Arsenal punya Cesc Fabregas dan Andrey Arshavin sebagai nominasi.

Bagikan

Also Read