Menunggu Tindakan Baik dari Seleb TikTok Probolinggo untuk Meminta Maaf

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – SMKN 1 Kota Probolinggo mengungkap ketidakpuasan mereka terhadap tindakan seorang seleb TikTok yang telah memviralkan video pemukulan seorang magang dari sekolah tersebut. Sekolah ini berharap agar seleb TikTok tersebut mengeluarkan permintaan maaf.

Seleb TikTok yang menjadi perbincangan adalah Luluk Sofiatul Jannah, yang memiliki akun dengan nama @luluk.nuril. Ia adalah seorang penduduk Probolinggo dan juga merupakan istri seorang anggota polisi.

“Hal ini telah kami laporkan ke Polres Probolinggo Kota terkait dugaan pelanggaran dalam Undang-Undang ITE mengenai pencemaran nama baik dan perlindungan anak.

Permintaan kami tidaklah rumit, kami hanya mengharapkan dia untuk mengucapkan permintaan maaf dan mem-postingnya di media sosial.

Namun, hingga saat ini kami belum mendapatkan permintaan maaf tersebut,” ujar Yuni Hidayati, Humas SMKN 1 Kota Probolinggo pada Senin (5/9/2023).

Kasi Humas Polres Probolinggo, Iptu Zainullah, mengonfirmasi bahwa SMKN 1 Kota Probolinggo telah mengunjungi Polres Probolinggo Kota. Namun, pihak sekolah tidak mengajukan laporan resmi. Sebagai alternatif, sekolah telah mengirim somasi kepada Luluk terkait aksi viralnya tersebut.

“Kemarin pihak sekolah didampingi dinas sosial, dia tidak melaporkan pidananya. Jadi dia hanya mensomasi supaya yang memvideo dan perempuan itu untuk meminta maaf ke pihak sekolah dan anak perempuannya itu,” ujar Zainullah, Selasa (5/9/2023).

Karena tidak melaporkan pidana, maka petugas SPKT mengarahkan pihak sekolah agar datang ke Polres Probolinggo. Luluk sendiri merupakan warga Kabupaten Probolinggo. Suaminya yang seorang polisi juga berdinas di polsek di jajaran Polres Probolinggo.

“Sehingga kami arahkan ke Propam sana karena dinasnya (suami) di kabupaten. Mungkin seandainya melaporkan secara pidana masalah perundungannya mungkin bisalah kita terima. Tapi mereka maunya tidak seperti itu, mereka maunya permintaan untuk minta maaf,” kata Zainullah.

Polres Probolinggo sendiri mempersilakan pihak sekolah untuk melakukan pelaporan terhadap Luluk.

“Kami persilakan kalau memang dari pihak sekolah melaporkan istri dari anggota kami yang sedang dinas di Polsek wilayah hukum Polres Probolinggo,” tutur Wakapolres Probolinggo Kompol Nur Halim.

Menurut Halim, pihaknya juga masih akan mengkaji terkait video viral tersebut, apakah ada unsur-unsur tindak pidana ITE dan tindak pidana lainnya.

“Kalau memang hasil kajian kami ada unsur tindak pidananya, ya akan kita proses juga nantinya. Tapi kalau untuk pihak sekolah yang mau melaporkan, kami persilakan untuk melapor ke Polres Probolinggo Kota, karena swalayan itu masuk di wilayah hukum kota,” tegas Halim.

Sejauh ini, lanjut Halim, pihaknya memang sudah mempertemukan kedua belah pihak untuk kemudian meminta kepada pemilik akun TikTok tersebut untuk membuat permintaan maaf di media sosial meskipun hingga saat ini masih belum membuat pernyataan tersebut.

“Kami masih tangani kasus ini, di sisi lain istri dari anggota kami memang sering bepergian jauh atau ke luar kota. Oleh karena itu jika ingin dilaporkan, kami persilakan juga agar ada efek jera nantinya,” tandas Halim.

Sebelumnya, seorang seleb TikTok asal Kabupaten Probolinggo marah-marah saat sedang berbelanja. Seleb TikTok yang juga selebgram tersebut marah karena tak puas dengan layanan siswi yang magang di swalayan salah satu Kota Probolinggo.

Seleb TikTok @luluk.nuril tersebut diketahui bernama Luluk Sofiatul Jannah. Aksinya yang memarahi siswi magang di swalayan ini viral setelah ia merekam dan mengunggahnya di media sosial.

Bagikan

Also Read