Calon Pemain Naturalisasi Jay Idzes: Dari Gelandang ke Bek Tengah dalam 2 Tahun

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Jay Idzes, calon pemain yang akan dinaturalisasi untuk bergabung dengan Timnas Indonesia, memiliki kisah menarik terkait perjalanannya dalam dunia sepak bola, terutama perihal posisinya yang kini bermain sebagai bek tengah.

Idzes menjadi sorotan hangat di kalangan pecinta sepak bola Indonesia, terutama setelah pernyataan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang mengungkapkan keinginan untuk menjadikan Jay Idzes sebagai pemain Timnas Indonesia pada hari Rabu (6/9).

Apabila proses naturalisasi ini berjalan dengan lancar, Jay Idzes diyakini akan menjadi tambahan berharga bagi Tim Merah Putih. Ini tak lepas dari kualitas permainannya yang telah teruji di klub Serie B Italia, Venezia.

Namun, sebelum mencapai puncak kariernya saat ini, Jay Idzes telah melewati perjalanan yang cukup mengagumkan. Dia awalnya bermain di kompetisi tertinggi Belanda bersama Go Ahead Eagles.

Namun, yang menarik adalah perubahan posisi yang dialaminya selama beberapa tahun terakhir. Jay Idzes, yang awalnya dikenal sebagai seorang gelandang, mengalami pergeseran peran menjadi seorang bek tengah pada awal musim 2021/2022, atas keputusan dari pelatih klubnya, Kees van Wonderen.

Menariknya Idzes bisa beradaptasi dengan baik di posisi barunya. Terbukti pemain berpostur 192 cm itu hingga kini Idzes awet bermain sebagai bek tengah.

“Semua orang tahu bahwa saya aslinya seorang gelandang, tetapi pada awal musim ini pelatih bertanya kepada saya jika saya tertarik mencoba main di posisi bek tengah. Kees meyakinkan saya kalau saya cocok dengan posisi itu,” ucap Idzes dalam sesi wawancara di situs resmi Go Ahead Eagles pada Februari 2022.

“Selama masa persiapan saya ditempatkan di sana beberapa kali dan saya juga merasa terkejut, saya sebenarnya merasa cukup nyaman di sana. Saya bisa mengetahuinya,” ia melanjutkan.

Selain bisa bermain sebagai bek tengah dan gelandang, Idzes juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Ini bakal menguntungkan buat Timnas Indonesia karena Idzes termasuk pemain serba bisa.

Bagikan

Also Read