Nasib Malang David de Gea: Kiper Elite yang Kini Tanpa Klub Setelah Tinggalkan Manchester United

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – David de Gea menemui nasib yang cukup tidak biasa di dunia sepak bola. Meskipun masih memegang gelar Premier League Golden Glove 2022/2023 sebagai kiper terbaik di Liga Inggris, namun saat ini dia berstatus sebagai seorang pemain tanpa klub setelah memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan Manchester United dan meninggalkan Old Trafford.

Keputusan ini cukup mengejutkan mengingat performa gemilang yang ditunjukkan oleh De Gea. Musim lalu, dia tampil sebanyak 38 kali di Liga Inggris, menjadikannya kiper utama yang tak tergantikan selama satu musim penuh.

Meskipun gawangnya kebobolan sebanyak 43 kali dalam satu musim, namun perannya dalam menjaga gawang United tidak bisa dipandang sebelah mata.

Catatan 38 penampilan di Liga Inggris itu bahkan merupakan yang tertinggi di antara seluruh pemain Manchester United lainnya.

Pemain lain yang mendekati jumlah penampilan tersebut adalah Marcus Rashford dengan 32 penampilan dan Luke Shaw dengan 30 penampilan.

Sejatinya Man Utd hendak memperpanjang kontrak De Gea, tetapi kiper 32 tahun itu lebih memilih berstatus free agent. Status bebas transfer ini rupanya tak otomatis menarik minat klub lain.

Hingga penutupan bursa transfer liga-liga Eropa pada 1 September, tak ada klub yang meminang kiper asal Spanyol tersebut. Ada banyak rumor tentang De Gea, tetapi tak ada yang nyata.

Terbaru, dilansir dari Marca, De Gea dikabarkan akan segera bergabung dengan klub Arab Saudi. Hanya saja belum disebutkan klub mana yang meminati tanda tangan De Gea.

Dengan situasi saat ini, tampil Saudi Pro League 2023/2024 disebut sangat realistis. Selain karena gaji yang fantastis, persaingan antarklub juga tinggi seiring hadirnya banyak bintang. Bursa transfer di liga Saudi juga masih terbuka hingga pertengahan September nanti.

Beberapa bintang-bintang kelas dunia yang pernah berlaga di Inggris dan saat ini berkiprah di Arab Saudi adalah Cristiano Ronaldo, Ruben Neves, Aymeric Laporte, Riyad Mahrez, Jordan Henderson, juga mantan kiper Chelsea Edouard Mendy.

Bagikan

Also Read