Baca Ini Pekerja Gaji di bawah Rp 3,5 juta Dapat Subsidi, Begini Caranya Terbaru

Dedi Suparman

Bagikan

Bertia Terkini;Hai Sobat viral, kabar gembira buat kamu yang selama ini dapat gaji dibawah 3,5 juta. Pemerintah akan segera memberi pertolongan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600 ribu untuk semua pekerja yang bergaji dibawah Rp 3,5 juta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, BLT subsidi gaji ini akan menyasar 16 juta pekerja. Total anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 9,6 triliun.

“Dengan pertolongan sebesar Rp 600 ribu. Ini akan diberikan kepada 16 juta pekerja, yang memiliki gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan. Total anggaran Rp 9,6 triliun,” kata Sri Mulyani, seperti ditulis Satu Viral, Selasa (30/8/2022).

Jika tak ada aral melintang, pertolongan tersebut akan diberikan mulai minggu depan. Sebab saat ini pemerintah tengah menggodok petunjuk teknis (juknis) penyaluran subsidi gaji ini.

Tunjangan Profesi Bakal dihapus, Para pengajar Menjerit

Rakyatnesia

Tutorial Cara Mendaftarkan BSU

Bagaimana caranya sobat viral bisa mendapatkan BSU tersebut? Pertama kamu perlu mengecek apakah data dirimu sudah terdaftar sebagai penerima BSU.

Untuk mengetahuinya, kunjungi laman bpjsketenagakerjaan.go.id. Pilih menu “Cek Status Calon Penerima BSU”. Kemudian kamu akan masuk ke halaman cek penerima BSU. Setelah terbuka, masukkan data dirimu sesuai kolom yang tersedia. Data yang perlu diisi yakni NIK, Nama lengkap, tanggal lahir. Lalu kamu isi kotak capcha dan klik lanjutkan.

JIka kamu belum memiliki akun di situs itu, kamu wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu cukup memasukkan data diri lalu melakukan aktivasi akun. Caranya adalah mengirimkan kode otp ke nomor ponsel.

Setelah itu kamu login ke dalam akun. Lengkapi biodata diri seperti, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe tempat. Langkah terakhir adalah cek pemberitahuan. Jika Kamu terdaftar sebagai penerima, maka akan mendapatkan centang hijau notifikasi sebagai bukti kamu penerima BLT subsidi gaji.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk menyebar program pertolongan sosial (bansos) sebesar Rp 24,17 triliun. pertolongan itu terdiri dari pertolongan Tunai Langsung (BLT) dan BSU. Masing-masing penerima pertolongan akan mendapatkan uang senilai Rp 600 ribu.

Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 12,4 triliun untuk pertolongan Tunai Langsung (BLT). pertolongan ini akan didistribusikan kepada 20,65 juta kelompok penerima manfaat. Setiap kelompok penerima manfaat akan mendapatkan pertolongan sebesar Rp 600.000 yang diserahkan dalam dua gelombang.

Pemerintah daerah juga diminta mengalokasikan 2 persen dana transfer umum untuk mensubsidi sektor transportasi. Dana akan diperuntukkan baik untuk angkutan umum, ojek, hingga nelayan.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Bagikan

Also Read