Pembangunan Galeri Bengawan di Padang, Trucuk, Bakal Segera Dilanjutkan

Sukisno

Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa timur, bakal segera memiliki Galeri Bengawan, yang berada di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro.

Galeri tersebut, nantinya sebagai tempat menampilkan temuan-temuan dari sungai Bengawan Solo. Saat ini, pembangunan galeri ini Dalam proses lelang di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Bojonegoro. 

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Titis Anganten menyampaikan,  Disbudpar telah mengirimkan berkas pengadaan Galeri Bengawan untuk dilakukan proses lelang oleh kelompok kerja (pokja).

Lanjut Titis Anganten, bahwa pembangunan Galeri Bengawan dimulai pada tahun 2019. Kemudian pada tahun 2020, pembangunan sempat terhenti karena adanya Pandemi Covid-19.

“Pada tahun 2021, Disbudpar kembali menganggarkan pembangunan dengan alokasi anggaran Rp1,7 miliar,” terangnya Jumat (20/8/2021).

Ditambahkan, Galeri Bengawan ini nantinya menampilkan perahu kuno yang ditemukan di Bengawan Solo sekitar tahun 2004 – 2005. Perahu kuno ini memiliki nilai sejarah sejak zaman awal peradaban Islam. 

“Selain menampilkan ikon perahu kuno, nanti Galeri Bengawan juga akan menampilkan temuan-temuan dari koleksi Disbudpar sebagai pelengkap yang berkaitan dengan Bengawan Solo, seperti uang kepeng, manik-manik dan fosil.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read