Adanya Tabligh Akbar, Lalu Lintas di Sekitar Majid Istiqlal Macet, Polisi Buka Tutup Arus Lalu Lintas

moch akbar fitrianto

Adanya Tabligh Akbar, Lalu Lintas di Sekitar Majid Istiqlal Macet, Polisi Buka Tutup Arus Lalu Lintas
Bagikan

rakyatnesia.com – Situasi lalu lintas di sekitar kawasan Masjid Istiqlal, yang terletak di Jakarta Pusat, tengah mengalami tingkat kepadatan yang cukup signifikan. Penyebab dari kepadatan ini adalah dampak dari jumlah jemaah yang datang untuk mengikuti acara tabligh akbar di Masjid Istiqlal.

Kompol Purwanta, yang menjabat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas di wilayah Jakarta Pusat, menjelaskan bahwa kondisi kepadatan lalu lintas ini berhubungan erat dengan tingginya jumlah jemaah yang memadati Masjid Istiqlal. Kehadiran besar jemaah untuk mengikuti kegiatan tabligh akbar telah memberikan kontribusi pada peningkatan volume kendaraan di sekitar area tersebut.

“Hari Minggu sampai Selasa ada giat safari religi. Jemaah tabligh akbar dan salat dzuhur,” kata Purwanta dikutuip dari laman NTMC Polri, Senin, 21 Agustus 2023.

Purwanta mengatakan jemaah berdatangan ke Masjid Istiqlal mulai subuh tadi. Jumlah jamaah yang datang mencapai ribuan orang.

“Dari subuh tadi 5.000 jemaah,” katanya.

Tabligh akbar ini mengundang da’i dari Yaman yakni Habib Usman bin Hafidz. Kegiatan tabligh akbar bersama Habib Usman bin Hafidz ini akan berlangsung nanti malam.

“(Penceramah) Habib Umar yang dari Yaman itu. Nanti siang istrinya Habib Umar mengisi (kegiatan safari religi) bersama ibu-ibu,” jelasnya.

Purwanta mengakui adanya kepadatan lalu lintas sekitar Masjid Istiqlal. Pihak kepolisian sudah ada di lokasi untuk melakukan pengaturan lalu lintas.

“(Padat) di Veteran saja sampai ke Lapangan Banteng. (Personel) sudah diputerin, sekarang sudah lancar,” pungkasnya.

Bagikan

Also Read