Kasus Bayi Yang Tertukar di Bogor Akan Terungkap, Akan Dilakukan Tes DNA Silang di Puslabfor Polri Hari Ini

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Kasus yang melibatkan bayi Siti Mauliah (37) yang tertukar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih menjadi bahan penyelidikan oleh pihak kepolisian. Dalam upaya untuk mengungkap kebenaran, pihak keluarga Siti Mauliah serta keluarga bayi yang juga terlibat dalam pertukaran tersebut telah mengikuti tes DNA silang pada hari ini.

Gregg Djako, seorang staf yang berada di bagian hukum Rumah Sakit Sentosa Bogor, telah mengonfirmasi bahwa kedua belah pihak telah menjalani proses tes DNA silang pada hari yang sama. Proses tes DNA ini dilakukan di Puslabfor Polri, lembaga yang memiliki kewenangan dalam melakukan uji DNA untuk keperluan penyelidikan dan verifikasi.

“Benar (dites DNA di Puslabfor). Saya yang dampingi,” kata Gregg dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Dihubungi terpisah, Rusdy Ridho selaku pengacara Siti Mauliah juga membenarkan tes DNA tersebut. Tes DNA akan dilakukan kepada kedua belah pihak dan juga dua bayi yang tertukar.

“Iya betul (tes DNA silang hari). Di Puslabfor Bareskrim Sentul,” kata Rusdy.

Tes DNA silang dilakukan di Puslabfor Mabes Polri. Rusdy mengatakan pihak Rumah Sakit Sentosa Bogor juga akan hadir dalam tes DNA tersebut.

“Pasti datang ya (pihak Rumah Sakit Sentosa),” ucapnya.

Sebelumnya, penyelidikan kasus bayi tertukar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terus bergulir. Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro berharap pengusutan kasus bisa selesai minggu depan.

“Itu (pemeriksaan) masih berjalan. Insyaallah dalam waktu minggu depan kita sudah selesai titik terang-benderang,” kata Rio kepada wartawan, Rabu (16/8).

Rio mengatakan pihaknya juga melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam mengusut kasus tersebut. Rencananya, tes DNA bakal dilakukan minggu depan.

“Tadi saya sudah minta bantuan sama Pak Plt untuk menyelesaikan permasalahan yang di rumah sakit tersebut. Nanti (tes DNA) akan dilaksanakan minggu depan. Nanti pihak kepolisian yang didukung oleh Pak Plt nanti langsung mendampingi yang bersangkutan untuk melaksanakan tes DNA,” jelasnya.

Bagikan

Also Read