Al Hilal: Belanja Hampir Rp3 Triliun di Bursa Transfer, masih Incar Neymar dan Joao Felix!

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Kemakmuran finansial klub-klub Arab Saudi mampu mengalami perubahan signifikan dalam struktur sepak bola global. Dalam dua tahun terakhir, sulit untuk membayangkan bahwa klub seperti Al Hilal akan mengalokasikan dana lebih dari Rp3 triliun hanya untuk satu periode bursa transfer.

Al Hilal bukanlah sebuah tim sembarangan di Arab Saudi. Klub ini memiliki rekam jejak yang mengesankan dengan meraih 18 gelar juara dalam kompetisi Saudi Pro League. Selain itu, Al Hilal juga telah memenangkan gelar Liga Champions Asia sebanyak empat kali dan meraih posisi runner-up sebanyak lima kali.

Namun, peristiwa yang terjadi pada musim 2023/2024 ini di Al Hilal sungguh di luar kebiasaan. Pasalnya, mirip dengan beberapa klub Arab Saudi lainnya, Al Hilal telah mengadopsi sikap yang sangat hedonis dan mengalokasikan sejumlah besar dana untuk akuisisi pemain.

Hampir Rp3 Triliun!
Al Hilal adalah salah satu klub yang diambil alih oleh PIF (Public Investment Fund). Tiga klub lainnya adalah Al-Ittihad, Al-Nassr, dan klub promosi Al Ahli.

Sama seperti tiga klub lainnya, Al Hilal juga belanja gila-gilaan pada bursa transfer awal musim 2023/2024. Mereka tak ingin kalah dengan Al Nassr yang punya Cristiano Ronaldo, Al Ittihad yang merekrut Karim Benzema, dan Al Ahli yang diperkuat Roberto Firmino.

Al Hilal telah membelanjakan uang hingga €178 juta (sekitar Rp2,9 triliun) pada awal musim 2023/2024 itu. Uang tersebut dipakai untuk membeli empat bintang top asal klb Eropa yakni Malcom (Zenit), Ruben Neves (Wolves), Kalidou Koulibaly (Chelsea), dan Sergej Milinkovic-Savic (Lazio).

Setelah belanja besar, tim racikan Jorge Jesus masih belum puas. Mereka hendak mencari bintang utama pada bursa transfer awal musim.

Messi, Felix, dan Neymar
Al Hilal sempat mengajukan tawaran untuk Lionel Messi. Namun, La Pulga menolak dan pindah ke Inter Miami. Al Hilal juga sempat menggoda Joao Felix, yang tidak betah di Atletico Madrid. Jorge Jesus pernah melatih Felix ketika bermain di Benfica.

Namun, Felix masih berharap bisa bertahan di Eropa. Felix kini tengah mengintip peluang untuk bergabung dengan Barcelona.

Al Hilal kemudian mendekati Neymar. Ada titik terang pada proses membawa Neymar ke Arab Saudi. Kontrak €100 juta per musim yang disodorkan disepakati oleh kubu Neymar. Kini, Al Hilal hanya perlu membuat kesepakatan dengan PSG.

Rekap Transfer Resmi Al Hilal
Pemain Masuk

Malcom (Zenit St. Petersburg)
Rúben Neves (Wolverhampton)
Sergej Milinković-Savić (Lazio)
Kalidou Koulibaly (Chelsea)


Pemain Keluar

Odion Ighalo (tanpa klub)
Matheus Pereira (Cruzeiro)
Gustavo Cuéllar (Al Shabab)
Luciano Vietto (Al Qadsiah)
Abdullah Otayf (Al Ahli)
Fawaz Al-Torais (Khaleej)
André Carrillo (Al Qadsiah)
Turki Al-Mutairi (Al Hazem)
*Data diambil pada Senin, 14 Agustus 2023

Bagikan

Also Read