Hebohnya Dentuman Misterius dari Dalam Tanah Mengguncang Sumenep.

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Masyarakat yang berdomisili di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, tengah dihebohkan oleh kejadian yang mengeluarkan suara dentuman yang signifikan. Fenomena dentuman tersebut mengambil sumber dari kedalaman tanah.

Peristiwa dentuman ini pertama kali tercatat pada hari Sabtu, tanggal 12 Agustus, dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Bunyi dentuman yang menyerupai benturan benda keras di dalam lapisan bumi tersebut disertai oleh efek getaran yang terasa.

Namun, sampai dengan saat ini, penyebab yang mendasari timbulnya suara dentuman misterius di wilayah Sumenep masih merupakan suatu misteri yang belum terpecahkan.

  1. Gelombang Getaran Menyerupai Proses Penggalian Sumur
    Penduduk di wilayah tersebut melaporkan adanya suara dentuman yang menyerupai benturan, disertai oleh getaran yang berasal dari kedalaman tanah. Fenomena suara dan getaran tersebut mirip dengan aktivitas seseorang yang sedang melakukan penggalian sumur.

“Bunyi di dalam bumi. Bunyi tumbukan di dalam bumi. Seperti orang menggali sumur. Ada getaran-getaran dari dalam bumi,” kata salah satu pria.

  1. Terdengar Selama 45 Menit
    Usai suara dentuman itu viral, Kapolsek Lenteng AKP Bondan Wibowo langsung mengecek ke lokasi. Dia menyebut dentuman itu terdengar selama 30 sampai 45 menit.

“Itu kejadiannya hanya sekitar 30 sampai 45 menit. Karena masyarakat khawatir dan sebagainya akhirnya menghubungi ke banyak pihak. Ke pemerintah desa, ke BPBD, dan sebagainya,” ujar Bondan.

Meski demikian, dia tidak tahu penyebab suara dentuman itu.

“Nanti yang menjelaskan mungkin dari ahlinya, dari BPDB. Kami tidak paham penyebabnya, namun suara tersebut sekarang sudah reda atau sudah berhenti,” ucapnya.

  1. Dirasakan di 5 Rumah Warga
    Berdasarkan data yang dihimpun Polsek Lenteng diteruskan kepada Polres Sumenep, kelima rumah itu merupakan milik warga berbeda. Berikut ini daftarnya.
  2. Rumah (sekaligus Toko) milik Jakfar.
  3. Rumah milik Jazuli.
  4. Rumah milik H Badrun.
  5. Rumah milik Ramli.
  6. Rumah milik Ibu Naim.
  7. Bunyi Didengar Selama 10 Hari
    Salah satu warga, Hazmi (30), salah satu warga Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah mengatakan bahwa bunyi dari dalam bumi itu suaranya makin keras disertai getaran yang dirasakan beberapa warga pemilik rumah.

4. Bunyi Didengar Selama 10 Hari
Salah satu warga, Hazmi (30), salah satu warga Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah mengatakan bahwa bunyi dari dalam bumi itu suaranya makin keras disertai getaran yang dirasakan beberapa warga pemilik rumah.

“Bunyi suara dari dalam tanah itu sudah 10 hari lalu terdengar tapi hanya sesekali. Hari ini suaranya makin keras terus ada getaran yang dirasakan warga,” kata Hazmi, Sabtu (12/08).

Hal senada juga dikatakan, Hendriyadi, menurutnya bunyi itu sudah terdengar sejak seminggu lalu atau 7 hari lalu. Namun, dentuman yang terjadi pada Sabtu kemarin terdengar keras dibanding sebelumnya.

“Baru kali ini terdengar cukup keras dengan intensitas yang begitu kuat. Sehingga membuat panik warga,” kata Hendriyadi.

Bagikan

Also Read