Real Madrid Cemas di Bilbao

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Real Madrid sempat merasa khawatir setelah kehilangan dua pemain kunci akibat cedera dan kepindahan ke klub lain. Namun, daripada larut dalam kecemasan, Real Madrid justru semakin memperoleh keyakinan diri saat memulai musim baru Liga Spanyol dengan kemenangan 2-0 atas Athletic Bilbao pada Minggu (13/8/2023) dini hari WIB di Bilbao.

Meskipun demikian, beberapa jam sebelum pertandingan tandang melawan Athletic Bilbao, Real Madrid menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Thibaut Courtois, kiper utama Real Madrid dan timnas Belgia, mengalami cedera lutut kiri yang membuatnya diragukan dapat bermain hingga akhir musim.

Situasi tersebut menambah beban bagi Pelatih Real, Carlo Ancelotti. Sebelum terjadi kehilangan Courtois, Ancelotti telah dihadapkan pada tantangan kepindahan penyerang utama, Karim Benzema, ke klub Liga Arab Saudi, Al-Ittihad. Real Madrid masih belum berhasil mendapatkan pengganti yang setara untuk Benzema. Akibatnya, Real Madrid harus memulai musim baru 2023-2024 dengan menggunakan “sisa pemain” yang tersedia di Bilbao.

Namun, kiper cadangan Real, Andriy Lunin, tampil tenang dan ikut membantu membangun serangan dari bawah. Ia mencatatkan satu penyelamatan di dalam kotak penalti. ”Dia (Lunin) melakukannya dengan sangat baik. Dia sangat tenang dan fokus, mendistribusikan bola dengan baik dari belakang. Dia pun bagus dengan bola-bola tinggi. Dia menunjukkan kepercayaan diri dan konsentrasi,” kata Ancelotti dikutip dari laman resmi Real.

Real meredam ”kebisingan” Stadion San Mames, markas Athletic, melalui dua gol yang dicetak Rodrygo dan rekrutan baru, Jude Bellingham. Dua gol itu menunjukkan Real masih bisa tampil tajam dan kolektif, walaupun tanpa Benzema.

Tiadanya Benzema memaksa Ancelotti mengubah pendekatan formasi, yaitu dari 4-3-3 pada musim lalu menjadi 4-3-1-2. Bellingham, yang berposisi gelandang, bermain di belakang Vinicius Junior dan Rodrygo.

Rodrygo dan Vinicius, yang piawai menarik pemain lawan lewat kemampuan mengolah bola, membuat Bellingham beberapa kali mendapatkan ruang saat muncul dari belakang. Sepanjang laga, mantan pemain Borussia Dortmund itu mencatatkan dua peluang emas dan pada akhirnya dinobatkan sebagai pemain terbaik laga itu.

”Kami mendominasi, membuat banyak peluang. Di babak kedua, kami merasa agak sulit dan kami harus berjuang. Kami bertahan dan bermain sangat baik dalam serangan balik. Kami bisa saja mencetak lebih banyak gol,” ujar Bellingham.

Permainan Real pada laga itu menunjukkan mereka tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun kini tak lagi dibela Benzema dan tanpa Courtouis yang tengah cedera. Namun, konsistensi mereka akan sangat diuji dalam beberapa laga mendatang.

“Terbukti, ketika tim berkomitmen secara kolektif dan memiliki sikap yang benar, pertahanan kami lebih kuat. Tim berada pada posisi yang baik dan kuat dalam duel. Di babak pertama kami merebut kembali banyak bola. Tim merasa nyaman bermain dengan cara ini dan kami bekerja dengan sangat baik dalam bertahan,” tutur Ancelotti kemudian.

Militao cedera
Kendati demikian, kekhawatiran baru bagi Real merebak setelah bek tengah Eder Militao tidak bisa melanjutkan pertandingan akibat cedera lutut. Militao terpeleset pada menit ke-50 dan meringis kesakitan. Ia harus keluar dan digantikan oleh Antonio Ruediger. Belum diketahui seberapa parah cedera Milita,o tetapi Ancelotti menyebut ada kemungkinan ia akan absen cukup lama.

Di sisi lain, Real mulai mencari kiper pengganti Courtois sehingga nantinya akan ada dua kiper untuk mengarungi sisa musim ini. Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, menjadi kandidat kuat untuk direkrut Real dengan status pinjaman.

Jurnalis pakar transfer, Fabrizio Romano, mengatakan, Chelsea dan Real sudah sepakat dalam transfer Kepa. Kepa akan dipinjam hingga Juni 2024 tanpa opsi mempermanenkannya.

Bagikan

Also Read