4 Kemiripan Bali United vs PSM Makassar Dengan Jerman vs Jepang di Piala Dunia 2022

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Kekalahan yang sangat mengejutkan yang dialami oleh tim PSM Makassar melawan Bali United dalam pertandingan Liga 1 2023/2024 pada hari Jumat, tanggal 11 Agustus, dapat dibandingkan dengan narasi kekalahan yang terjadi antara tim nasional Jerman melawan Jepang dalam ajang Piala Dunia 2022.

Pada laga tersebut, PSM Makassar mengalami kekalahan dengan skor akhir 2-3 melawan Bali United di ajang Liga 1 2023/2024 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada sore hari Jumat, tanggal 11 Agustus.

Kemiripan antara kekalahan PSM Makassar dari Bali United dan kejadian kekalahan timnas Jerman dari Jepang dalam Piala Dunia 2022, telah diangkat oleh sejumlah netizen.

“Asli mirip kayak Jerman lawan Jepang di Piala Dunia 2022. Antonio Rudiger ejek pemain Jepang pake lari ngeselin, skor akhir comeback. Tadi Ilija Spasojevic juga digituin Yuran bek PSM,” tulis seorang netizen di Twitter.

Berikut empat bukti kesamaan kekalahan dramatis PSM dari Bali United dengan takluknya Jerman dari Jepang di Piala Dunia 2022:

  1. Sama-sama Unggul Lebih Dulu

Pada pertandingan ini PSM berhasil unggul lebih dulu dari Bali United. Bahkan PSM mampu unggul dua kali dari Bali United sebelum kena comeback jadi 2-3.

PSM unggul 1-0 pada menit kelima lewat gol Muhammad Rizky Pratama. Kemudian PSM unggul 2-1 lewat gol Yance Sayuri.

Jerman ketika melawan Jepang di Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa, Al Rayyan, 23 November 2022 juga unggul lebih dulu lewat gol Ilkay Gundogan pada menit ke-33 sebelum ‘kena comeback’ Jepang jadi 1-2.

  1. Ejek Lawan Usai Unggul
    Keunggulan PSM membuat bek Juku Eja Yuran Fernandes sombong dan meremehkan pemain Bali United.

Dimenit ke-41, bek asal Tanjung Verde itu kembali menunjukkan sikap yang tidak respek terhadap lawan dengan berteriak di muka kiper Bali United Adilson Maringa usai Yance Sayuri berhasil membawa timnya unggul 2-1.

Lalu pada babak kedua usai Ilija Spasojevic masuk pada menit ke-58, Yuran kembali berulah.Saat adu sprint dengan Spaso, Yuran yang unggul kecepatan melakukan gestur lari ‘asal-asalan’ untuk membiarkan bola keluar seperti yang dilakukan bek timnas Jerman Antonio Rudiger saat melawan Jepang di Piala Dunia 2022.

  1. Kena Comeback

Unggul, ejek lawan, kemudian kalah dramatis usai kena comeback semakin menguatkan persamaan nasib PSM dengan Jerman.

Dalam laga ini, PSM akhirnya kalah dramatis 2-3 dari Bali United. Sementara Jerman juga kalah dramatis setelah Jepang mampu membalikkan keadaan menjadi 2-1.

  1. Naik ke Puncak Klasemen

Persamaan lainnya adalah Bali United dan Jepang sama-sama berhasil naik ke puncak klasemen usai kemenangan dramatis tersebut.

Kemenangan Bali United atas PSM membuat tim Serdadu Tridatu kini naik ke puncak klasemen sementara Liga 1 dengan mengemas 14 poin dari delapan pertandingan yang dilakoni.

Sementara kemenangan atas Jerman membuat Jepang memuncaki klasemen Grup B Piala Dunia 2022. Bahkan Jepang pun akhirnya berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai juara Grup B.

Bagikan

Also Read