Portal Berita Bojonegoro Lamongan
IoT

Sudah saatnya kita meninggalkan PHP 5

Sedikit pesan layanan masyarakat, khususnya bagi administrator server. Kalau di shared hosting masih umum pakai PHP versi 5 dan untuk memaksimalkan kompatibilitas paling baru pun masih PHP 5.6. Nah saya mengingatkan saja bahwa versi ini sudah tidak ada update lagi kecuali soal keamanan. Intinya sudah saatnya kita pindah pakai PHP 7.0 atau bahkan 7.1.

Baca Juga  Cara install MySQL di Linux

Secara mendetail bisa dicek dari halaman ini: http://php.net/supported-versions.php

Saya sertakan gambarnya juga, bisa terlihat semua versi PHP 5 ( 5.3, 5.4, 5.5, dan 5.6) sudah tidak didukung lagi. Bahkan PHP 7.0 tahun depan (2018) juga sudah EOL. Karena itu sebisanya sudah pakai versi PHP 7.1 untuk semua instalasi web server.

Sudah saatnya kita meninggalkan PHP 5 1

Setidaknya beberapa CMS populer seperti WordPress, phpBB, XenForo sudah mendukungnya. Jadi tidak perlu ragu ada masalah pada kompatibilitas script phpnya.

Saran saya, lakukan bertahap, untuk setiap setup VPS baru pakai stack yang modern. Misal yang biasa saya pilih: CentOS 7, Nginx 1.11, MariaDB 10.1, dan PHP 7.0/7.1. Sederhananya kita melakukan migrasi bertahap. Server lama yang masih bekerja dengan normal biarkan saja pakai stack kunonya. Jangan perbaiki apa yang tidak hancur.

Baca Juga  Cara install MySQL di Linux

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Lihat Juga
Close
Back to top button