Akibat Lupa Mematikan Api di Tungku, Membuat Rumah Warga Pilanggede, Balen Ini, Terbakar

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Terjadi musibah kebakaran rumah yang dipakai untuk dapur milik Samsul Anam warga Dusun Pilangsari, RT 005, RW 001, Desa Pilanggede, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (24/7/2019) sekira pukul 10:20 WIB.

Kejadian kebakaran tersebut, dilaporkan petugas piket ke Pos Kota Dinas Damkar Bojonegoro yang berada di Jalan Ahmad Yani, sekira pukul 10.31 WIB. Mobil Damkar beserta personilnya tiba di lokasi kejadian sekira pukul 10:45 WIB.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro Andik Sujarwo melalui Kabid Pemadaman Sukirno membenarkan adanya musibah kebakaran yang dialami oleh Samsul Anam warga Dusun Pilangsari, RT 005, RW 001, Desa Pilanggede, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (24/7/2019) sekira pukul 10:20 WIB.

Hanya saja, saat Damkar tiba di lokasi kejadian, kebakaran itu sudah berhasil dipadamkan oleh masyarakat setempat sekira pukul pukul 10:40 WIB.

“Pemadam kebakaran tiba di lokasi dan tinggal melakukan pembasahan agar api betul betul padam sehingga tak menyala lagi atau tak menjalar ke lokasi lain,” ungka Kabid Pemadaman Sukirno, Rabu (24/7/2019) siang.

Lanjut Sukirno, kebakaran yang diduga akibat luap mematikam tungku itu, telah berhasil dipadamkan leh warga sekitar dengan alat seadanya sehingg petugas Pemadam tinggal melaksanakan pembasahan dan pendinginan sampai pukul 11.10 WIB, dengan menggunakan 2 unit mobil pemadam dan 8 personilnya.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. Hanya saja, korban mengalami kerugian materi (kermat) sebesar Rp 25 juta.

“Kerugian materi yang dialami korban dalam musibah kebakaran tersebut, ditaksir mencapai Rp 1 juta 500 ribu,” pungkasnya.

Kerugian tersebut meliputi, sekitar Rp 1 juta 500 ribu yan  meliputi rumah dapur semi permanen dengan ukuran 4 x 8 meter yang terbakar hanya 30 persen dan peralatan memasak.

Turut membantu pemadaman, URC BPBD Bojonegoro, anggota Polsek Balen, anggota Koramil Balen, anggota Satpol PP Kecamatan Balen dan warga sekitar.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read