Selamat bulan puasa
berita bojonegoroFeatured

Kades Tinumpuk Khosim: Sedekah Bisa Menjadi Ajang Silaturahmi Bagi Warga Dengan Pemerintah Desa

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Warga Desa Tinumpuk Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur,  menggelar tasyukuran berupa Sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan. Budaya yang merupakan adat istiadat ini digelar setahun sekali. Tahun ini kegiatan digelar, Kamis (21/7/2022).

Kegiatan digelar dengan tetap menggunakan protokol kesehatan (prokes) dikarekan masih berada di Pandemi Covid-19. Namun, tak mengurangi rasa suka-cita warga dalam menggelar kegiatan tersebut.

Ratusan warga sangat antusias hadir di gelaran acara di Sendang Tinumpuk untuk mengikuti selamatan berupa tumpengan. Mereka berdoa bersama untuk mensyukuri rahmat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan berkah berupa panen dan desanya dalam kondisi aman dan tentram.

Acara sedekah bumi tersebut, siang hari digelar di Sendang Tinumpuk dan malam harinya digelar di halanan balai desa setempat. Siang itu, puluhan tumpeng dan jajanan itu dikumpulkan dan  selanjutnya dibungkus menjadi ratusan untuk dibagi-bagikan ke Warga, tamu undangan dan warga sekitar yang turut hadir di lokasi manganan tersebut.

Baca Juga  Di Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62. Bupati Bojonegoro Bicara Keadilan Mengayomi Seluruh Warga

Tahlil dan doa bersama, dengan harapan agar Desa Tinumpuk diberikan keselamatan, kesehatan dan rejeki yang melimpah. Tak hanya itu, warga juga dijauhkan dari mara bahaya sehingga hidup bahagian dan sejahtera.

Setelah berdo’a mereka bersama-sama menikmati suguhan yang telah dibagi-bagikan. Kondisi itu memperlihatkan jika warga Desa Tinumpuk guyub rukun dengan kebersamaan.       

Kades Tinumpuk Khosim: Sedekah Bisa Menjadi Ajang Silaturahmi Bagi Warga Dengan Pemerintah Desa 1
Kades Tinumpuk Khosim di acara sedekah bumi, yang berlangsung di halaman balai desa setempat, Kamis (21/7/2022).

Di hari Kamis, (21/7/2022), malam, digelar pertunjukan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Eko Hadi Purnomo dari Rengel Tuban, Jawa Timur, Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk mengambil Lakon Parikesit Jumeneng Ratu.

Baca Juga  Dinas Kominfo Bojonegoro Gelar Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Komunkasi Publik

Mereka yang menonton Pagelaran Wayang Kulit di halaman Balai Desa itu, mereka memperoleh pembagian gratis berupa Nasi Kotak lengkap dengan air mineral yang bisa langsung disantapnya.

Kades Tinumpuk Khosim dalam kata sambutannya mengatakan bahwa hari  malam Jum’at Wage ini merupakan hari syukuran Bersih Desa bagi warga Desa Tinumpuk Purwosari Dimana, ini merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahunnya.

Sedekah bumi itu sudah menjadi kalender tahunan. Kegiatan Sedekah Bumi di Balai Desa Tinumpuk selalu dilaksanakan malam Jum’at Wage usai panen raya. Kegiatan ini merupakan wujud syukur warga atas hasil panen padi yang melimpah di tahun ini.

“Mudah-mudahan dengan digelarnya sedekah bumi ini memberikan berkah bagi warga Desa Tinumpuk sehingga mereka bisa hidup bahagian dan sejahtera,” kata Kades Tinumpuk Khosim, menegaskan, Kamis (21/7/2022)

Baca Juga  Polsek Manyar Tangkap Maling Yang Beraksi di Warung Seafood, di Suci

Masih menurut Khosim bahwa kegiatan Sedekah Bumi ini merupakan tradisi dan adat istiadat dan jadi ajang silaturahmi sesama warga Tinumpuk. Dengan sdekah bumi ini, warga bisa bisa berkumpul dalam kegiatan desa ini. Sehingga kegiatan ini bisa mempererat tali persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kergiatan sedekah bumi ini, bisa menjadi ajang silaturahmi sesama warga dengan pemerintah desa sehingga kounikasi bisa terjalin dengan baik dan harmonis,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Forpimcam Purwosari serta para Perangkat Desa setempat. Hadir pula BPD, LPMD, Karang taruna, Ketua RT, Ketua RW, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.  

**(Yan/Red)).

Klik Baca Lebih Lanjut

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button