Peringati 1 Syuro, Pemdes Sukorejo, Bojonegoro, Gelar Wayang Kulit Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, menggelar Wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Peringatan tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah yang bertepatan dengan 1 Syuro 1957 Jimawal.

Pagelaran Wayang kulit dengan dalang Ki Bayu Aji Pamungkas dari Surakarta dengan Lakon Begawab Joyo Logo. Kegiatan digelar di Lapangan Singonoyo, Desa Sukorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro, Rabu (20/7/2023) malam.

Kepala Desa Sukorejo H. Budi Suprayitno dalam kata sambutanya mengatakan bahwa kegiatan Pagelaran wayang kulit digelar untuk memberikan hiburan kepada warga Desa Sukorejo khususnya dan pada umumnya mereka yang hadir menyaksikan kegiatan menyambut tahun baru ini.

Pembagian santunan kepada 20 anak yatim di acara Peringati 1 Syuro, yang berlangsung di di Lapangan Singonoyo, Desa Sukorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro, Rabu (20/7/2023) malam

“Atas nama Pemdes Sukorejo, terima kasih atas kehadiranya dan semoga bisa menyaksikan pagelaran wayang ini hingga tuntas. Mohon maaf, jika ada kekurangan dalam kegiatan ini,” ungkap pria yang akrab disapa Kaji Yik itu, Rabu (20/7/2023).

Sementara itu, Kapolsek Kota Bojonegoro Kompol Muqodam mengatakan bahwa dengan digelarnya Wayang Kulit oleh Pemerintah Desa Sukorejo ini menjadi bukti Desa Sukorejo turut melestarikan budaya Jawa berupa wayang kulit.

“Di saat majunya teknologi dan anak-anak muda yang demam digitalisasi, Pemerintah Desa Sukorejo masih komitmen melestarikan budaya Jawa yaitu menggelar Wayang Kulit ini,” ungkapnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kapolsek berpesan agar warga yang sedang menyaksikan pagelaran wayang agar jaga diri dan nanti saat pulang agar berhati-hati dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibams).

Kepala Desa Sukorejo H. Budi Suprayitno beserta undangan lainnya di acara Peringatan 1 Syuro menampilkan Pagelaran Wayang kulit yang berlangsung di di Lapangan Singonoyo, Desa Sukorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro, Rabu (20/7/2023) malam

Selanjutnya, Kepala Desa Sukorejo H. Budi Suprayitno menyerahkan wayang Werkudoro kepada Dalang Ki Bayu Aji Pamungkas, yang menandai dimulainya Pagelaran Wayang tersebut.

Sebelumya, dilaksanakan penyerahan santunan untuk 20 anak yatim oleh Kaur Kesra Masruhan dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Tampak hadir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro Budiyanto, Camat Kota Bojonegoro Mochlisin Andi Irawan, Kapolsek Kota Bojonegoro Kompol Muqodam, Plt Danramil Kota Bojonegoro Peltu Muntolip, Para Perangkat desa Sukorejo, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Perlu diketahui, mereka yang nonton wayang kulit tersebut juga memperoleh 1 (satu) kupon undian yang berhadiah 3 (tiga) sepeda gunung.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read