Pagelaran Wayang Kulit dan Pengajian, Meriahkan Sedekah Bumi Desa Pengkol, Tambakrejo

14

BOJONEGORO (RAKYATNSIA.COM) – Walapun masih dalam Pandemi Covid-19 dan menjelang New normal, warga di Desa Pengkol, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, tetap menggelar Sedekah bumi, Kamis (9/7/2020).

Kegiatan digelar tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menjaga Jarak, memakai masker agar tidak terjadi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di acara tradisi adat istiadat yang menjadi agenda tahunan di desa tersebut.

Dengan suka cita, datang ke balai desa 80 orang yang mewakili warga untuk tumpengan (Selamatan, Jawa red) dan berdoa bersama dalam peringatan sedekah bumi Desa Pengkol, Tambakrejo itu.

Sedekah bumi atau yang biasa disebut manganan itu, digelar di Balai desa setempat, yang merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan Panen yang melimpah di tahun ini

Guna memeriahkan acara tersebut, digelar lomba tumpeng khususnya Ibu-ibu PKK desa setempat. Mereka berlomba menghiasi tumpeng masing-masing, agar mampu memenangkan lomba tersebut. Selain tumpeng, mereka juga membawa kue khas desa setempat

Puluhan tumpeng dan jajanan itu dikumpulkan dan  selanjutnya dibungkus menjadi ratusan untuk dibagi-bagikan ke Warga, tamu undangan dan warga sekitar yang turut hadir di lokasi manganan tersebut.

Dalam selamatan tersebut dibacakan tahlil dan doa bersama, dengan harapan agar Desa Pengkol diberikan keselamatan, kesehatan dan rejeki yang melimpah. Tak hanya itu, warga juga dijauhkan dari mara bahaya sehingga hidup bahagian dan sejahtera.

Setelah berdo’a mereka bersama-sama menikmati suguhan yang telah dibagi-bagikan. Kondisi itu memperlihatkan jika warga Desa Pengkol guyub rukun dengan kebersamaan.

Pagelaran Wayang Kulit dan Pengajian, Meriahkan Sedekah Bumi Desa Pengkol, Tambakrejo 1
Pagelaran Wayang kulit di acara sedekah bumi Desa Pengkol, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Kamis (9/7/2020).

Di hari Kamis, ( 9/7/2020 ), malam, digelar pertunjukan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Muri Mudo Sudarsono dari Kapuan  Blora,  Jawa tengah. Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk mengambil Lakon kembalinya Dewi Sri Kembali di Pulau Jawa.

Saat Pagelaran Wayang Kulit yang digelar di halaman Balai Desa itu, mereka yang sedang menonton, memperoleh pembagian gratis berupa Nasi Kotak lengkap dengan air mineral yang bisa langsung disantapnya.

Kades Pengkol Abdul Habib dalam kata sambutannya mengatakan bahwa hari  malam Jum’at Pahing ini merupakan hari syukuran Bersih Desa bagi warga Desa Pengkol, Tambakrejo. Dimana, ini merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahunnya atau sudah menjadi kalender tahunan.

“Kegiatan Sedekah Bumi di Balai Desa Pengkol selalu dilaksanakan malam Jum’at Pahing usai panen raya. Kegiatan ini merupakan wujud syukur warga atas hasil panen padi yang melimpah di tahun ini. Mudah-mudahan berkah selalu ada untuk warga Pengkol sehingga mereka bisa hidup bahagian dan sejahtera,” tegas Kades Pengkol Abdul Habib, Kamis (9/7/2020).

Masih menurut Habib, kegiatan Sedekah Bumi ini merupakan tradisi dan adat istiadat dan jadi ajang silaturahmi sesama warga Pengkol. Dengan sdekah bumi ini, warga bisa bisa berkumpul dalam kegiatan desa ini. Sehingga kegiatan ini bisa mempererat tali persatuan dan kesatuan sesama warga atau warga dengan pemerintah desa setempat.

Guna memberikan siraman rohani tersebut, dalam sedekah bumi itu juga diisi dengan ceramah agama Islam yang disampaikan oleh KH. Imam Sadeli, yang berasal dari Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, yang mengambil tema dengan adanya Virus Corona (Covid-19) Warga harus menjaga jarak.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Tambakrejo Heri Kristanto,  Kapolsek Tambakrejo Iptu Mujiono dan Babinsa Sertu Gunarto  serta para Perangkat Desa setempat. Hadir pula BPD, LPMD, Karang taruna, Ketua RT, Ketua RW, serta undangan lainnya.  

**(Yan / Red ).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More