Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru Tahun 2023

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Polres Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Patuh Semeru Tahun 2023, di halaman Kantor Satlantas Polres Bojonegoro yang berada di  Jalan Imam Bonjol, Kota Bojonegoro, Senin (10/7/2023), pukul 08.00 WIB.

 Kegiatan dilaksanakan dalam rangka keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang ada di wilayah hokum Polres Bojonegoro ini.

Dimulainya Operasi Patuh Semeru Tahun 2023 ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Rogib Triyanto,SIK, kepada perwakilan dari TNI – Polri dan Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto dalam apel tersebut membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjel. Pol. Dr. Toni Harmanto, MH mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh personelnya.

“Terima kasih, atas dedikasi dan totalitasnya dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sehingga kondusifitas wilayah jawa timur hingga saat ini tetap terjaga,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP Rogib Triyanto, menegaskan.

Lanjutnya, permasalahan operasional kepolisian di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, demikian halnya dengan jawa timur sebagai salah satu provinsi 3 terbesar di Indonesia.

Ditambahkan, dengan kondisi geografis yang sangat luas ditambah dengan kondisi demografi yang sangat padat, sehingga juga berdampak kepada kompleksitas permasalahan lalu lintas, khususnya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Guna mengantisipasi permasalahan tersebut maka Polda Jawa Timur beserta seluruh jajaran, dengan dibantu oleh stakeholder terkait, akan melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “Operasi Patuh Semeru 2023” ini,” ungkapnya, Senin 10/7/2023).

Masih menurut Kapolres Bojonegoro, bahwa Operasi ini akan digelar selama 14 hari, mulai tgl 10 – 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Jawa Timur, adapun tema operasi ini adalah “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”.

Diakhir sambutannya, Kapolres Bojonegoro berpesan pedomani Standar Operasional Prosedur(SOP) yang ada dengan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. Hindari tindakan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri yang mungkin dapat diviralkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. seperti pungli, bersikap kurang sopan, arogan saat memeriksa masyarakat dan lain sebagainya.

Selesainya Apel Gelar Pasukan dilanjutkan pemeriksaan pasukan, sarana prasarana dan pengecekan kendaraan dinas.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Bojonegoro menyampaikan digelarnya Operasi Patuh Semeru Tahun 2023 ini untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas tersebut perlu dilakukan penindakan secara tegas dan terukur terhadap pelanggar yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Operasi Patuh Semeru Tahun 2023 ini memberikan detterence effect kepada para pelanggar lalu lintas. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 10 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023 di seluruh wilayah jajaran Polda Jawa Timur,” pungkasnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read