Pagelaran Wayang Kulit Dengan Dalang Kondang Ki Sigit Ariyanto, Meriahkan Sedekah Bumi Tinumpuk

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Warga Desa Tinumpuk Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, menggelar tasyukuran berupa Sedekah bumi. Acara yang kenthal dengan adat istiadat serta budaya setempat itu digelar, Kamis (6/7/2023).

Tampak, warga sangat antusias hadir di acara yang dihelat di Sendang Tinumpuk itu. Mereka mengikuti tasyakuran yang digelar setiap tahun itu dengan membawa tumpeng untuk dibuat selamatan di lokasi yang dikeramatkan oleh warga setempat itu.

Warga bersama Kepala Desa, perangkat desa, tokoh masyarakat berdoa bersama untuk mensyukuri nikmat dan rahmat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan berkah berupa panen di tahun ini dan desanya dijauhkan dari mara bahaya, warganya ayem dan tentrem serta selalu dalam kondisi yang aman dan kondusif.

Acara sedekah bumi tersebut, digelar semalam suntuk dengan menampilkan Pagelaran Wayang kulit. Siang hari, pagelaran wayang kulit itu digelar di Sendang Tinumpuk dan malam harinya digelar di halaman balai desa setempat.

Tampak, Pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Kondang Ki Sigit Ariyanto dalam rangka memperingati Sedekah bumi Desa Tinumpuk, Kecamatan Pirwosari, Bojonegoro, Kamis (6/7/2023).

Tradisi sedekah bumi yang digelar di Sendang Tinumpuk pada siang hari, tampak, puluhan tumpeng dan jajanan itu dikumpulkan dan selanjutnya dibungkus untuk dibagi-bagikan ke warga, tamu undangan dan warga sekitar yang turut hadir di lokasi yang biasa disebut manganan itu.

Tahlil dan doa bersama mereka panjatkan, dengan harapan agar warga Desa Tinumpuk diberikan keselamatan kesehatan dan rejeki yang melimpah. Tak hanya itu, warga juga dijauhkan dari mara bahaya sehingga hidup bahagian dan sejahtera.

Setelah berdo’a mereka bersama-sama menikmati suguhan yang telah dibagi-bagikan. Kondisi itu memperlihatkan jika warga Desa Tinumpuk guyub rukun dengan kebersamaan.

Pagelaran Wayang Kulit siang hari menampilkan Dalang Ki Wangsit Winursito (Awang) yang juga Putra dari Ki dalang Sigit yang berasal dari Rembang, Jawa Tengah. Sedangkan, pagelaran wayang kulit di malam harinya menampilkan Dalang Kondang Ki Sigit Ariyanto. Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk mengambil Lakon Bimo Suci.

Yang menarik, mereka yang menonton Pagelaran Wayang Kulit di halaman Balai Desa Tinumpuk itu, memperoleh pembagian berupa Nasi Kotak lengkap dengan air mineral gratis yang langsung bisa dinikmati sambil nonton wayang tersebut.

Kades Tinumpuk Khosim bersama Forkopimcam Purwosari dan warga saat menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit kepada Dalang Ki Sigit Ariyanto dalam rangka memperingati Sedekah bumi Desa Tinumpuk, Kecamatan Pirwosari, Bojonegoro, Kamis (6/7/2023).

Kades Tinumpuk Khosim dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa hari Kamis Pon malam Jum’at Wage ini tepatnya di tanggal 6 Juli ini merupakan hari pelaksanaa Bersih Desa atau tasyakuran warga Desa Tinumpuk yang merupkan kegiatan yang sudah menjadi kalender tahunan sehingga rutin digelar setiap tahunnya.

Lanjut Khosim, kegiatan sedekah ini untuk melanjutkan tradisi dan adat-istiadat yang sudah turun temurun yang dilaksanakan oleh warga Desa Tinumpuk. Setiap sedekah bumi digelar Pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang sekaligus untuk nguri-uri Budaya Jawa.

“Kegiatan ini merupakan wujud syukur warga atas hasil panen padi yang melimpah di tahun ini. Mudah-mudahan dengan digelarnya sedekah bumi ini ke depanya Allah SWT akan senantiasa melimpahkan berkahnya bagi warga Desa Tinumpuk sehingga mereka bisa hidup bahagia dan sejahtera,” ungkap Kades Tinumpuk Khosim, Kamis (6/7/2023).

Masih menurut Khosim bahwa kegiatan Sedekah Bumi ini juga bisa menjadi jadi ajang silaturahmi sesama warga Tinumpuk. Dengan sdekah bumi ini, warga bisa bisa berkumpul dalam suatu kegiatan sehingga kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahmi sekaligus mampu menjaga persatuan dan kesatuan bagi warga yang berujung pada persatuan bangsa dan negara.

“Dengan sedekah bumi warga bisa berkumpul dan bersilaturahmi. Diman, warga bisa berkumpul dengan Kepala desa dan perangkatnya dengan lembaga desa serta dengan tokoh masyarakat sehingga kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturahmi yang sangat efektif sehingga bisa terjalin komunikasi dengan baik dan harmonis,” kata Kades Tinumpuk Khosim menegaskan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Purwosaru Yudistira Ardhi Nugraha,S.STP, Kapolsek Purwosari Iptu Baderurodin,SH, serta para Para Perangkat Desa setempat dan semua lembaga desa yang ada di desa setempat.

Hadir pula, Anggota DPRD Bojonegoro Maftukhan, Ketua AKD Kecamatan Purwosari sekaligus Ketua AKD kabupaten Bojonegoro KRAT. SUDAWAM,SH,S.Sos, Para Kepala Desa Se-Kecamatan Purwosari, Para tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

**( Yan/Red ).

Bagikan

Also Read