Top Skor Euro 2020 Bukan Cristiano Ronaldo, Tapi Own Goal, Sudah 10 Gol Dicetak! Rakyatnesia

Dedi Suparman

Bagikan

rakyatnesia.com – Cristiano Ronaldo dari Portugal saat ini sudah mencetak lima gol di Kejuaraan Eropa, tapi dia bukanlah top skor sejati di Euro 2020 ini, melainkan own goal atau gol bunuh diri!

Gol bunuh diri Denis Zakaria dalam laga Swiss vs Spanyol tadi malam adalah yang gol bunuh diri kesepuluh yang telah kita lihat di Euro 2020 ini. Jumlah ini satu gol lebih banyak dari total gol bunuh diri yang terjadi di 15 edisi gabungan Kejuaran Eropa sebelumnya dengan hanya sembilan gol bunuh diri.

Gol itu terjadi di menit ke-8 saat Denis Zakaria membelokkan tendangan Jordi Alba yang malah masuk ke gawang sendiri yang dikawal oleh Yann Sommer, membuat Swiss tertinggal cepat di babak pertama.

Memang telah ada banyak sekali gol bunuh diri yang tercipta di Euro 2020 ini. Bahkan ketika laga perdana digelar rakyatnesia Italia vs Turki pun, gol perdana yang tercipta di turnamen musim panas ini adalah gol bunuh diri ketika Merih Demiral memblok bola sepakan Domenico Berardi yang malah masuk ke gawang sendiri.

Sebenarnya setelah kebobolan tersebut, Swiss sempat menghidupkan asa mereka di babak kedua melalui gol Xherdan Shaqiri, yang juga mencatatkan rekor usai golnya ke gawang Unai Simon menit ke-68 tersebut.

Channel Gilabola di Youtube

Sejak Piala Dunia 2014, hanya empat pemain Eropa – Ivan Perisic (9), Romelu Lukaku (10), Antoine Griezmann (11) dan Cristiano Ronaldo (13) – yang mencetak lebih banyak gol di turnamen besar (Piala Dunia & Euro) dari Xherdan Sahqiri (8).

Sayangnya kemudian Remo Freuler dikartu merah yang cukup menghilangkan momentum mereka dan meski bertahan hingga akhir babak tambahan 2×15 menit, Swiss yang sebelumnya menyingkirkan Prancis lewat adu penalti kini harus tereliminasi juga dari adu penalti dalam kekalahan 1-3 dari Spanyol.

sumber artikel : Gila bola.com

Bagikan

Also Read