Pemdes Karangtinoto, Adakan Bukber dan Serahkan Santunan kepada Anak Yatim dan Dhu’afa

Sukisno

Bagikan

TUBAN (Rakyat Independen)- Pemerintah desa (Pemdes) Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jatim, memiliki tradisi berbagi ke anak yatim, yatim piatu dan kaum dhu’afa alias fakir miskin, rutin setiap tahun. Seperti halnya, dengan kegiatan serupa yang dilaksanakan dib alai desa setempat, Kamis (30/6/2016).

Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Desa Karangtinoto Gunawan (45). Dalam sambutanya, orang orang nomor wahid di desa Karangtinoto itu mengatakan, pemberian santunan kepada anak yatim, yatim piatu dan kaum dhu’afa itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihak Pemdes Karangtinoto pada setiap tahunnya.

“Pemberian santunan atau istilah sekarang berbagi kepada anak yatim, yatim piatu dan dhu’afa, senantiasa kita laksanakan. Karena ini merupakan bentuk perhatian dari Pemdes Karangtinoto terhadap waganya yang kurang mampu dan membutuhkan perhatian agar mereka bisa ikut merasakan kebahagian di saat hari kemenangan yaitu merayakan Idul fitri tahun ini,” tegas Kades Karantinoto Gunawan, Jum’at (30/6/2016).

Ditambahkan, kegiatan yang dilakukan saat ini, diharapkan dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang. Jika perlu, selain momen hari raya idul fitri, mungkin bisa dilaksanakan pemberian santunan pada hari-hari besar Islam lainnya.

Masih menurut Gunawan, untuk penyaluran santunan tahun ini, pihak Pemdes Karangtinoto memberikan santunan kepada 80 anak yatim, yatim piatu dan dhu’afa. Dana yang disalurkan diambilkan dari Dana Kas Desa yang bersumber dari PAD (Pendapatan Asli Desa) dan dari Kas HIPPA Tirto Tinoto yang merupakan lembaga yang menangani pengairan pertanian milik desa setempat.

Santunan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Desa Karangtinoto dan Ketua HIPPA Tirto Tinoto H Kasadi kepada 4 (empat) penerima yakni, Abi (8), Susilo (15), Kasih (57) dan Mimah (6). Kemudian, santunan yang yang lain, diserahkan oleh para perangkat desa setempat secaga bergantian.

Acara juga diisi dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh H Salim dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama (bukber). Turut buka puasa bersama anak yatim, yatim piatu dan dhu’afa, Kepala Desa Karangtinoto Gunawan beserta perangkat desanya, para tokoh masyarakat setempat, Babinsa Pelda Sumargono, Aiptu Suwarjo dan para undangan lainnya.

Pemberian santunan tahun ini, jumlahnya 80 paket yag dialokasikan untuk anak yatim, yatim piatu dan dhu’afa. Mereka yang memperoleh santunan berasal dari Dusun Karangtinoto (krajan) dan Sambungrejo sebanyak 28 paket, Karangasem 21 paket, Trometo 21 paket dan Tempes 10 paket.

Salah seorang penerima santunan Ngabirah (72) kepada rakyatindependen mengatakan dirinya sangat senang atas santunan yang diterimanya. “Alhamdulillah, sanget damel sangu riyadin – Alhamdulillah, bisa dipakai untuk uang saku berhari raya,” katanya, dengan bahasa jawa yang masih kental. **(Muji/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar