Legislator PAN Pesimistis PPKM Darurat akan Berhasil Rakyatnesia

Nurul Syahadatin

Bagikan

[ad_1]

rakyatnesia.com – Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pihaknya masih menunggu penjelasan pemerintah terkait rencana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dia meminta, kebijakan PPKM Darurat harus benar-benar dipastikan dapat menurunkan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Jika tidak, menurutnya, wacana dan kebijakan itu tidak akan jauh berbeda dari PPKM skala mikro yang tengah berjalan saat ini. “Tapi, apa itu PPKM Darurat? Perlu definisi yang jelas. Sebab, kalau sama dengan PPKM sebelumnya, ya hasilnya pun akan sama juga,” ujar Saleh kepada wartawan, Rabu (30/6).

“PPKM sebelumnya kan telah dinilai tidak berhasil. Karena tidak berhasil itu, lalu dibuat lagi kebijakan baru. Kalau baru, ya harus ada aspek yang benar-benar membedakannya dengan kebijakan sebelumnya,” lanjutnya.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) ini tidak tahu mengapa pemerintah tidak mau mencoba kebijakan lockdown. Atau kalau tidak bisa lockdown total, setidaknya lockdown akhir pekan. Mungkin bisa juga dikombinasikan rakyatnesia PPKM Darurat dengan lockdown akhir pekan.

“Artinya, pada hari-hari kerja, diterapkan PPKM Darurat, sementara lockdown akhir pekan diterapkan di akhir minggu. Kelihatannya, kombinasi ini akan menjadi kebijakan yang bisa cepat menurunkan penyebaran virus Covid-19,” katanya.

“Tantangannya kan semakin sulit. Orang yang terpapar semakin banyak. RS semakin penuh. Tenaga-tenaga medis semakin kewalahan. Semua itu perlu dihadapi dengan kebijakan yang benar-benar komprehensif,” tambahnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono

sumber artikel : jawapos. com

Bagikan

Also Read