Waspada Dengan Aplikasi Android Ber Malware Berikut Ini, Segera hapus

moch akbar fitrianto

Bagikan

Tekno, RakyatnesiaPencurian data melalui aplikasi smartphone semakin banyak terjadi karena banyak orang awam yang belum sadar. Salah satunya lewat injeksi malware. Hal ini dikarenakan ada beberapa aplikasi yang membawa malware. Salah satu malware bernama Joker bahkan diketahui telah masuk dalam ponsel Android.

Malware Joker dapat mencuri informasi pribadi dari SMS, daftar kontak dan informasi perangkat. Selain itu juga dapat berinteraksi dengan situs iklan diam-diam. Bukan hanya informasi, korban malware ini juga bisa kehilangan uang.

Quick Heal melaporkan, seluruh aplikasi saat dibuka pertama kali akan meminta mengakses notifikasi. Tak sampai di sana, aplikasi akan mengambil data SMS dari notifkasi dan meminta akses pada kontak.

Setelah ijin dikantongi, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Nantinya aplikasi akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Menurut Quick Heal, malware akan disebar pada aplikasi yang populer karena fungsi yang dicari pengguna. Yaitu ada aplikasi scanner, wallpaper dan messaging.

Secara rinci, terdeteksi ada delapan aplikasi yang membawa malware tersebut. Kedelapan aplikasi itu memiliki potensi pencurian data pribadi pengguna.

Berikut daftar kedelapan aplikasi yang membawa malware Joker mengutip Quick Heal Security Labs:

  1. Auxiliary Message
  2. Fast Magic SMS
  3. Free CamScanner
  4. Super Message
  5. Element Scanner
  6. Go Messages
  7. Travel Wallpapers
  8. Super SMS
Bagikan

Also Read