3 Platform WhatsApp CRM untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis

moch akbar fitrianto

Bagikan
whatsapp CRM

Masyarakat di era Industri 5.0 dihadapkan pada banyak pilihan platform komunikasi. Di antara berbagai opsi, WhatsApp menjadi platform komunikasi terpopuler yang paling banyak digunakan saat ini. Selain mudah digunakan, WhatsApp mudah diakses dari berbagai perangkat, seperti smartphone dan komputer. WhatsApp juga terus melakukan pembaruan hingga kini dapat diintegrasikan dengan berbagai platform. Akibatnya, proses komunikasi bisnis yang kompleks sekarang dapat dilakukan dengan lebih sederhana dan efisien melalui WhatsApp. 

Menyadari sebagian besar masyarakat menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, pemilik bisnis dapat memanfaatkan WhatsApp sebagai alat untuk mengimplementasikan CRM (Customer Relationship Management). Strategi CRM Whatsapp menggunakan pendekatan berbasis pelanggan. 

Hal ini mencakup pengumpulan data pelanggan dan mempelajari riwayat interaksi untuk menemukan tren dan pola. Dengan strategi yang kuat, kamu dapat mengenali kebutuhan dan keinginan pelanggan, lalu memberikan pelayanan yang lebih personal. Interaksi yang baik dengan pelanggan ini tentunya akan mendorong penjualan dan pendapatan.

Dengan bantuan perangkat CRM, kamu dapat melaksanakan tugas-tugas di atas secara otomatis, melacak data penjualan dan pemasaran, serta mengelompokkan pelanggan untuk promosi yang lebih terfokus. Terlebih dengan WhatsApp CRM–hasil integrasi CRM dan WhatsApp–bisnis kamu dapat makin bertumbuh dan sukses.

Platform Whatsapp CRM Pilihan di Tahun 2024

  1. Kommo

Skalabilitas merupakan faktor penting dalam pertumbuhan bisnis karena memungkinkan peningkatan produksi atau layanan tanpa adanya peningkatan proporsional pada sumber daya. Dengan demikian, perusahaan berkesempatan mendapat pendapatan yang lebih tanpa harus menambah investasi besar pada sumber daya.

Untuk meningkatkan skalabilitas dalam bisnis, kamu perlu membangun pondasi yang kokoh sejak awal bisnis berjalan. Beberapa hal yang perlu kamu lakukan diantaranya adalah menjaga kinerja tim tetap solid, menyederhanakan proses operasional, dan mengurangi pengeluaran secara efektif. WhatsApp CRM dari Kommo dapat membantumu menerapkan langkah tersebut.

Platform dari Kommo ini menawarkan fitur yang dapat membuat komunikasi dan kolaborasi antar anggota tim lebih lancar. Kamu dapat mendelegasikan prospek kepada anggota tim tertentu lalu mereka bisa bekerjasama secara privat untuk lebih fokus menangani prospek tersebut. 

Baca Juga  OnlyMP3 - Konverter YouTube Terbaik di Tahun 2024 [320 Kbps]

Target individu dan target tim juga dapat ditentukan untuk kemudian dilacak kemajuannya. Notifikasi yang diterima oleh anggota tim juga akan menyesuaikan dengan prospek yang hanya mereka kerjakan. Dengan berkurangnya distraksi, kinerja tim akan makin optimal. Tim yang efektif dan efisien dapat menjadi salah satu pendorong utama kesuksesan bisnis kamu.

Proses operasional bisnis kamu dapat dengan mudah disederhanakan dengan fitur otomatisasi dari Kommo. Banyak tugas yang bisa kamu setel secara otomatis, diantaranya:

  • Menjawab FAQs (pertanyaan umum yang sering ditanyakan) dengan feature chatbot. Hasilnya, tim kamu bisa memprioritaskan penyelesaian masalah yang lebih kompleks.
  • Alur kerja. Melalui platform CRM, kamu dapat mengatur langkah-demi-langkah proses kerja yang biasa tim kamu lakukan. Misalnya, mengirimkan konfirmasi dan tagihan pesanan setelah ada pelanggan yang checkout, mengirimkan konfirmasi pembayaran dan informasi ekspedisi pengiriman setelah ada pelunasan, mengirimkan pengingat setelah prospek belum merespon dalam jangka waktu tertentu, dan tugas-tugas lainnya.
  • Tindak lanjut prospek. Sebagai contoh, ketika ada prospek yang memulai interaksi, baik melalui formulir di website atau DM Instagram, WhatsApp CRM secara otomatis segera mengirimkan pesan selamat datang dan menanyakan lebih lanjut mengenai kebutuhan mereka. Selanjutnya, tim penjualan akan meninjau profil prospek yang dikumpulkan WhatsApp dan menindaklanjuti hingga terjadi transaksi.

Dengan otomatisasi tugas-tugas operasional menggunakan platform CRM, efisiensi bisnis kamu dapat meningkat, begitu juga dengan kepuasan pelanggan dan pendapatan perusahaan.

  1. Zoho

Hubungkan WhatsApp Business kamu dengan akun Zoho untuk mengirim dan menerima pesan secara langsung dari dan ke dashboard CRM. Di sana, semua percakapan WhatsApp dapat dengan mudah kamu kelola bersama dengan percakapan dari platform lain.

Baca Juga  OnlyMP3 - Konverter YouTube Terbaik di Tahun 2024 [320 Kbps]

Berhubung semua data percakapan dengan pelanggan telah terkumpul dalam dashboard, kamu dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk merancang pesan WhatsApp kamu agar lebih personal. Kelompokkan para pelanggan berdasarkan preferensi, riwayat pembelian, atau variabel lain, dan buat template pesan yang relevan. 

Melalui personalisasi seperti ini, kamu dapat meningkatkan konversi penjualan karena tawaran yang kamu berikan lebih sesuai dengan kebutuhan dan selera pelanggan. Selain itu, personalisasi memberikan pengalaman belanja yang lebih eksklusif sehingga mereka merasa nyaman dan cenderung menjadi pelanggan setia.

Selain menjaga hubungan dengan existing customers, kamu juga dapat menemukan dan menindaklanjuti prospek potensial melalui WhatsApp CRM. Zoho akan mengidentifikasi mana dari kontak WhatsApp kamu yang menunjukkan minat pada produk atau layanan kamu, kemudian menindaklanjuti mereka dengan pesan personal. Atau mengumpulkan mereka dalam grup WhatsApp dan membagikan informasi bermanfaat terkait produk atau layanan kamu. Kamu juga bisa memberikan penawaran spesial seperti potongan harga atau hadiah untuk mendorong prospek agar merespons.

Prospek juga bisa kamu dapatkan dari website bisnismu. Buat formulir di Zoho CRM dengan bidang untuk nama, nomor WhatsApp, atau informasi kontak lainnya. Sematkan formulir ini di laman situs milikmu. Ketika ada pengunjung website yang mengisi formulir, Zoho CRM akan secara otomatis mengidentifikasi mereka sebagai prospek. Selanjutnya, kamu bisa mengotomatisasi pengiriman pesan lanjutan dengan WhatsApp CRM.

WhatsApp CRM dari Zoho dapat mendorong kemajuan bisnis kamu dengan menemukan calon pelanggan dan membangun interaksi positif dengan mereka hingga menjadi pelanggan loyal.

  1. SalesForce

Salesforce.adalah platform penyedia CRM berbasis cloud terbaik selama 10 tahun berturut-turut. Melansir dari IDC (International Data Corporation), SalesForce menguasai sekitar 23% pasar CRM global di tahun 2022. Hal ini menandakan SalesForce memiliki jumlah pengguna yang masif, skalabilitas yang luas, dan platform yang mumpuni.

Baca Juga  OnlyMP3 - Konverter YouTube Terbaik di Tahun 2024 [320 Kbps]

Platform CRM berbasis cloud memiliki andil dalam pertumbuhan bisnis. Kamu dapat menghemat biaya infrastruktur dengan tidak perlu membeli, memelihara, dan mengoperasikan server dan software sendiri. Dengan mengurangi biaya operasional, tentunya kamu dapat makin memaksimalkan margin keuntungan perusahaan.

Setelah mengintegrasikan WhatsApp Business kamu, SalesForce CRM akan mengumpulkan data dari interaksi kamu dengan pelanggan. Informasi yang dihimpun dapat berupa isi pesan, profil kontak, dan aktivitas grup. Data ini kemudian akan dianalisis untuk mendapatkan gambaran mengenai berbagai aspek, seperti level kepuasan pelanggan, topik yang dibahas, dan data penjualan. WhatsApp CRM juga dapat melacak produktivitas anggota tim kamu: seberapa cepat mereka merespon, kemajuan dalam menyelesaikan masalah, dan kepuasan pelanggan terhadap kinerja mereka.

Informasi yang dikumpulkan oleh WhatsApp CRM kemudian ditampilkan secara visual dan real-time pada dashboard. Kamu dapat memantau berbagai metrik yang ingin kamu ukur, misalnya volume pesan, kepuasan pelanggan, atau tren penjualan. Data ini sangat berharga untuk dasar penentuan strategi bisnis kamu selanjutnya. Seperti contoh, kamu dapat mengukur apakah kampanye pemasaran yang sedang berlangsung efektif atau tidak? Strategi mana yang lebih berhasil dibandingkan yang lain? Langkah adaptasi dan inovasi apa yang perlu dilakukan untuk mengikuti tren pasar?

WhatsApp CRM dari Salesforce dapat menjadi perangkat mumpuni untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Dengan menganalisis data interaksi WhatsApp, CRM dapat memberikan wawasan berharga tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan dan membantu kamu membuat strategi bisnis yang lebih baik.Platform WhatsApp CRM menawarkan solusi inovatif untuk membantu bisnis meningkatkan komunikasi dan hubungan dengan pelanggan. Dengan fitur-fitur seperti otomatisasi tugas, analitik, dan integrasi, platform WhatsApp CRM dapat membantu bisnis menghemat waktu dan tenaga, meningkatkan pendapatan, dan pada akhirnya, mendorong pertumbuhan bisnis. Pilihlah platform yang tepat berdasarkan kebutuhan dan anggaran bisnis kamu.

Bagikan

Also Read