Terjadi Gempa di Malang 26 Juni 2023 : Sejumlah Warga Merasakan Getarannya

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Gempa mengguncang Malang hari ini, 26 Juni 2023. Gempa tersebut dikonfirmasi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Belum ada laporan kerusakan terkait gempa tersebut.

Beberapa daerah ikut merasakan guncangan gempa hari ini di Malang. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Kekuatan Gempa Malang 26 Juni 2023
Dikutip dari akun Twitter BMKG, gempa Malang hari ini terjadi pada Senin (26/6/2023) pukul 08.16 WIB. Awalnya, disebutkan gempa tersebut berkekuatan M 4,5. Namun, dimutakhirkan menjadi M 4,7.

Gempa Malang 26 Juni 2023 berpusat pada koordinat 8.87 LS, 112.46 BT. Kedalaman gempa itu adalah 32 km. “#Gempa (UPDATE) Mag:4.7, 26-Jun-23 08:16:15 WIB, Lok:8.87 LS, 112.46 BT (Pusat gempa berada di laut 82 km BaratDaya Kab. Malang), Kedlmn:32 Km,” kata akun Twitter BMKG.

Penyebab Gempa Malang Hari Ini

Gempa Malang 26 Juni 2023 disebabkan oleh aktivitas sesar lokal. Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

“Jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” tulis Setyoajie dalam keterangannya, dikutip dari detikJatim, Senin (26/6/2023).

Gempa ini juga dirasakan sejumlah warga. Menurut BMKG, guncangan gempa Malang dirasakan di daerah Trenggalek, Gondanglegi, Kepanjen, Jember, Tulungagung, hingga Malang.

“Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ungkap Setyoajie. “Gempa juga dirasakan di Karangkates, Blitar III MMI atau getaran dirasakan seperti truk yang melintas,” imbuhnya.

Daftar Daerah yang Merasakan

Selain di Malang, guncangan gempa terkini Malang ikut dirasakan beberapa daerah di Jawa Timur. Berikut daftar daerah yang merasakan gempa Malang 26 Juni 2023.

-Trenggalek
-Gondanglegi
-Kepanjen
-Jember
-Tulungagung
-Blitar
-Malang

Belum Ada Laporan Kerusakan

Hingga kini, BPBD setempat belum menerima adanya laporan kerusakan usai gempa Malang 26 Juni 2023. Selain itu, belum ada juga laporan terkait korban jiwa akibat gempa bumi tersebut.

Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

BMKG terkait gempa hari ini di Malang mengeluarkan imbauan penting untuk masyarakat. Mereka mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya usai gempa Malang 26 Juni 2023.

“Masyarakat diimbau agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” kata Kepala Stageof Sleman Setyoajie Prayoedhi.

Bagikan

Also Read