Indonesia Terpilih Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, 20 Negara Dipastikan Jadi Peserta

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Federation Internationale de Football Association (FIFA), menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 setelah menggantikan Peru, pada Jum’at (23/6/2023) malam WIB.

Peru yang awalnya ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, dianggap tidak mampu menjalankan komitmen dalam hal pembangunan infrastruktur.

Negara di Amerika Selatan itu dinilai tidak siap melengkapi kelengkapan infrastruktur untuk kebutuhan turnamen Piala Dunia U17 2023.

Beranjak dari fakta tersebut, FIFA mencabut keputusan Peru jadi tuan rumah Piala Dunia U17 lalu memberikan amanah kepada Indonesia.

Agenda Piala Dunia U17 2023 dijadwalkan akan digelar pada tanggal 10 November sampai 2 Desember 2023.

Sudah ada 20 negara yang sudah memastikan diri tampil di perhelatan Piala Dunia U17 2023 termasuk Indonesia sebagai tuan rumah dadakan.

Hanya tinggal empat kuota saja yang akan melengkapi total 24 peserta Piala Dunia U17 2023.

Dari Benua Afrika, akan diwakiliki oleh beberapa negara yakni Burkina Faso, Maroko, Senegal, dan Mali.

Lalu, Kanada, Meksiko, Panama, dan Amerika Serikat akan mewakili negara dari Zona Concacaf.

Argentina, Brasil, Ekuador, dan Venezuela menjadi empat negara dari Zona Conmebol.

Dari Zona Oceania ada New Caledonia dan Selandia Baru yang bakal tampil di Piala Dunia U17 2023.

Untuk Zona Eropa diwakili oleh Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol hingga Polandia.

Tinggal Zona Asia saja yang setidaknya akan mengirimkan empat wakilnya untuk beraksi di Piala Dunia U17 2023.

Ada delapan negara Asia yang akan memperebutkan empat tiket terakhir berlaga di Piala Dunia U17 2023. Mulai dari Thailand, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Uzbekistan, Iran, Yaman, dan Jepang. Kedelapan negara itu saat ini tengah memperjuangkan nasibnya di perhelatan Piala Asia U17 yang sedang berlangsung di Thailand.

Empat tim yang menjadi semifinalis Piala Asia U17 2023 bakal mendapatkan tiket lolos otomatis ke babak utama Piala Dunia U17 sebagai wakil dari Benua Asia.

Kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 jelas menjadi angin segar bagi sepak bola tanah air. Bagaimana tidak, kepercayaan tersebut hadir secara mendadak kala Indonesia tengah berjuang bangkit dari sepak bola.

Seperti diketahui Indonesia pernah mendapatkan nasib serupa seperti Peru yang seharusnya menjadi tuan rumah utama Piala Dunia U20 2023. Status tuan rumah Piala Dunia U20 2023 yang awalnya dipercayakan kepada Indonesia mendadak dicabut FIFA, akhir Maret lalu.

Ada beberapa alasan yang membuat FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah utama Piala Dunia U20 2023. Salah satunya yakni ketidakmampuan Indonesia memberikan jaminan terhadap kepesertaan Piala Dunia U20 2023.

Apesnya, pencabutan yang dilakukan FIFA diputuskan tak kurang dari 100 hari jelang penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023.

Argentina akhirnya diberikan kepercayaan untuk mengemban tuan rumah baru Piala Dunia U20 2023, menggantikan Indonesia.

Piala Dunia U20 2023 pun akhirnya sukses digelar mana Uruguay menjadi juara setelah mengalahkan Italia di partai puncak.

Kini, setelah meratapi kegagalan tersebut, Indonesia seakan punya kesempatan untuk menebus dosanya pada masa lalu di Piala Dunia U17 2023.

Kepercayaan FIFA memberikan amanah kepada Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 seakan menjadi momentum bagi sepak bola tanah air untuk menebus kesalahan masa lalu saat gagal jadi host utama Piala Dunia U20.

Respons Erick Thohir

Perasaan campur aduk dirasakan Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI setelah menerima kabar bahwa Indonesia dipercaya menggantikan posisi Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Erick Thohir mengaku bersyukur sekaligus terkejut dengan keputusan dadakan yang dikeluarkan FIFA tersebut.

“Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini,” ucap Erick Thohir dilansir laman resmi PSSI.

“Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,”

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi, ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich,”

“Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” tambah Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick Thohir belum sepenuhnya tahu alasan FIFA mendadak memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu merasa langkah perbaikan serius sepak bola Indonesia akhir-akhir ini menjadi alasan FIFA memberikan amanah tersebut kepada Indonesia.

“Saya belum tahu alasan utama penetapan ini, mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir,” akui Erick Thohir.

“Seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA,”

“Kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina, juara dunia Qatar 2022, yang sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepakbola internasional, menjadi alasannya,”

“Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi, ini harus kita jaga dan buktikan,” ujarnya.

Bagikan

Also Read