Hasil Survei Capres 2024 Modern 7 Forum Mei 2023: Prabowo Dan Ganjar Bersaing, Anies Bagaimana?

moch akbar fitrianto

Bagikan

Hasil Survei Capres 2024 Terbaru 7 Lembaga Mei 2023: Prabowo dan Ganjar Bersaing, Anies Bagaimana?

TRIBUNPAPUABARAT.COM – Berikut hasil survei capres 2024 di 6 forum selama bulan Mei 2023.

Dari hasil 6 forum survei elektabilitas capres 2024, menampung tiga nama teratas di antaranya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan juga mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Terbaru ada survei capres 2024 dari Populi Center yang menyodorkan Prabowo Subianto unggul dengan elektabilitas 22,8 persen.

Di peringkat kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang elektabilitasnya berada di angka 21,2 persen.

Bagaimana dengan Anies Baswedan? Juga dari sejumlah survei, siapakah di antara ketiga capres ini yang sering unggul?

Merangkum dari banyak sekali sumber, inilah perbandingan hasil survei modern terkait elektabilitas Capres 2024 model 8 forum survei:

1. Litbang Kompas

Dari survei Litbang Kompas, Prabowo Subianto berada di urutan teratas dan disusul Ganjar Pranowo.

Menteri Pertahanan itu menggeser Ganjar Pranowo yang sebelumnya berada di urutan teratas.

Elektabilitas Prabowo dalam survei Litbang Kompas meningkat 6,4 persen dibandingkan survei pada Januari 2023 yakni 18,1 persen.

Di segi lain, elektabilitas Ganjar menyodorkan penurunan sebanyak 2,5 persen dibandingkan dengan survei Januari 2023, yakni 25,3 persen.

Sementara itu, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berada di posisi ketiga.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ((KOMPAS.com/HUMAS PEMPROV JATENG))

Dalam survei yang berjalan pada 29 April-10 Mei 2023 itu, Anies menemukan elektabilitas 13,6 persen.

Elektabilitas Anies tidak banyak mengalami kenaikan elektabilitas sebanyak 0,5 persen yang sebelumnya berada di angka 13,1 persen.

Litbang Kompas melakukan survei dengan sistem wawancara tatap paras dan melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia.

Adapun margin of error survei lebih kurang 2,83 persen.

2. Lembaga Survei Jakarta (LSJ)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar pertemuan pers usai menyambangi kantor Persatuan Purnawirawan Polisi Republik Indonesia di wilayah Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar pertemuan pers usai menyambangi kantor Persatuan Purnawirawan Polisi Republik Indonesia di wilayah Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023). (Tribunnews/JEPRIMA)

Lagi-lagi, nama Prabowo Subianto unggul dalam survei elektabilitas Capres 2024 yang kali ini dirilis oleh Lembaga Survei Jakarta (LSJ).

Dalam pertanyaan terbuka, Prabowo disebut selaku tokoh yang paling layak mengambil alih Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebanyak 26,2 persen responden impulsif menyebutkan nama Prabowo selaku kandidat yang mengambil alih Jokowi,” kata Direktur Riset LSJ, Fetra Adrianto pada paparannya secara daring, Rabu (24/5/2023).

Dua tokoh lain yang juga menjadi top of mind publik selaku pengganti Jokowi, yakni Ganjar Pranowo (18,8 persen) dan Anies Baswedan (15,3 persen).

Sementara pada pertanyaan tertutup di mana disodorkan 10 nama capres, Prabowo kembali unggul.

Ia mendapat elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024 dengan presentase 33,2 persen.

Sementara, Ganjar Pranowo cuma mendapat 19,4 persen dan Anies Baswedan memiliki elektabilitas sebesar 18,6 persen.

Adapun hasil survei tersebut sudah dijalankan LSJ pada 9 Mei hingga 17 Mei 2023 dengan sistem tatap paras libatkan 1.200 responden.

Adapun margin of error meraih 2,8 persen dengan tingkat keyakinan meraih 95 persen.

3. LSI Denny JA

Untuk ketiga kalinya, Prabowo Subianto unggul dalam survei elektabilitas Capres 2024 model LSI Denny JA.

Elektabilitas eks Danjen Kopassus itu unggul dari dua kompetitornya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam survei yang dijalankan pada 3 Mei hingga 14 Mei 2023 itu, Prabowo unggul dengan elektabilitas 33,9 persen.

Sementara itu, Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan angka 31,9 persen.

Survei yang digelar LSI Denny JA juga mengungkapkan, untuk pertama kalinya elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami penurunan dalam satu tahun.

Pada Januari 2023, elektabilitas Ganjar Pranowo sempat meraih 37 persen dan sekarang tergerus menjadi 31,9 persen.

Urutan ketiga ada Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 20,8 persen.

Sementara yang tidak menjawab sebesar 13,4 persen.

Sebagai informasi, survei LSI Denny JA melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia dengan rentang usia responden 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Pemilihan sampel dijalankan lewat sistem random sampling dengan cara tatap muka. Margin of error survei diperkirakan ± 2.9 persen pada tingkat keyakinan 95 persen.

4. Survei Indikator

Bakal Calon Presiden pada Pilpres 2024, Anies Baswedan menyodorkan pidato dikala mendatangi Pondok Pesantren Darul Muttaqin di Desa Jeru, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (24/5/2024).
Bakal Calon Presiden pada Pilpres 2024, Anies Baswedan menyodorkan pidato dikala mendatangi Pondok Pesantren Darul Muttaqin di Desa Jeru, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (24/5/2024). (SURYA/PURWANTO)

Nama Prabowo Subianto masih unggul dalam survei elektabilitas capres 2024 yang digelar lembaga survei, Indikator Politik Indonesia.

Prabowo menemukan elektabilitas sebesar 34,8 persen dan cuma selisih 0,8 persen dari Ganjar yang berada di peringkat kedua.

Adapun Ganjar yang diusung oleh PDIP mendapat elektabilitas 34,4 persen suara.

Sementara bacapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dan tertinggal jauh dengan Prabowo dan Ganjar dengan menemukan elektabilitas 21,8 persen.

Direktur Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, ada tren pelemahan elektabilitas kepada Anies sepanjang tahun 2023 ini.

“Jadi trennya Anies sedikit turun dan ini terjadi di beberapa bulan terakhir. Waktu dia naik, kita juga rilis dikala itu ya,” katanya.

Sementara ada 8,9 persen responden yang menegaskan tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei dijalankan dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan tingkat keyakinan 95 persen.

Lalu untuk metodenya yakni random digit dialing (RDD) untuk mewawancarai responden dan digelar pada 30 April-5 Mei 2023.

5. IndoStrategi

Lembaga survei Indostrategi Research and Consulting juga menempatkan Prabowo selaku capres dengan elektabilitas tertinggi pada surveinya.

Prabowo mendapat elektabilitas 33,5 persen disusul Ganjar Pranowo dengan 19,7 persen.

Di urutan ketiga, ada Anies Baswedan dengan elektabilitas 18,5 persen.

Direktur IndroStrategi, Arif Nurul Imam, menyampaikan Prabowo kembali menjangkau sokongan terbanyak dalam simulasi head to head tiga nama.

Kemudian, Ganjar Pranowo menjangkau sokongan terbanyak kedua dan Anies Baswedan menjangkau sokongan terbanyak ketiga.

“Prabowo Subianto 38,7 persen, Ganjar Pranowo sebanyak 20,2 persen, Anies Baswedan 18,4 persen.”

“Sebanyak 22,7 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab,” kata dia dalam Pemaparan Hasil Survei Peta Dukungan Capres Jelang Pemilu 2024 yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (17/5/2023).

Pengumpulan data survei ini dijalankan pada 1 hingga 10 Mei 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.230.

Kriteria responden ialah penduduk berusia kurang lebih 17 tahun atau yang sudah memiliki KTP.

Survei dilaksanakan dengan teknik sampling multistage random sampling.

Margin of error sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat keyakinan sebesar 95 persen.

6. Charta Politika

Kini, dalam survei yang dirilis Charta Politika, Ganjar Pranowo menduduki posisi pertama.

Kader PDIP itu menemukan elektabilitas sebesar 38,2 persen.

Gubernur Jawa Tengah itu unggul dibandingkan Prabowo Subianto 31,1 persen, Anies Baswedan 23,6 persen, dan tidak jawab 7,1 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menerangkan elektabilitas Ganjar Pranowo dikala ini merupakan paling tinggi sejak pertama kali Charta Politika melakukan survei terkait Pilpres pada Juli 2021.

Sebagai informasi, survei ini ialah survei yang dilaksanakan dengan sistem tatap paras eksklusif dengan sistem multistage random sampling dengan total responden sebanyak 1.220 responden.

Adapun survei tersebut dilaksanakan pada tanggal 2-7 Mei 2023, dengan margin of error sebesar 2,82.

7. Populi Center 

Hasil surveii Populi Center dirilis Senin (29/5/2023), nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dengan elektabilitas 22,8 persen.

Di peringkat kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang elektabilitasnya berada di angka 21,2 persen.

Sementara, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengekor di urutan ketiga dengan elektabilitas 13,5 persen.

Sementara, pada survei dengan pertanyaan tertutup, Prabowo masih unggul dibandingkan dua pesaingnya, baik Ganjar maupun Anies.

Elektabilitas Prabowo pada survei modern meraih 35,8 persen, menyalip Ganjar yang angka elektoralnya 34,4 persen, dan Anies dengan elektabilitas 21,5 persen.

Selama setahun belakangan, elektabilitas Prabowo terbilang fluktuatif.

Namun, dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, angka elektoral mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut melambung signifikan.

Bahkan, ini ialah kali pertama Prabowo kembali memenangkan Ganjar setelah setahun terakhir elektabilitasnya tergeser oleh bakal kandidat presiden (capres) PDI Perjuangan itu.

(Tribunnews.com/Sri Juliati/Galuh Widya/Igman Ibrahim/Rahmat W Nugraha/Yohanes Liestyo Poerwoto/Gita Irawan)(Kompas.com)

Artikel ini sudah tayang di Tribunnews.com dengan judul 6 Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Capres 2024: Prabowo vs Ganjar vs Anies, Siapa Sering Unggul? dan di Kompas.com dengan judul “Survei Populi Center: Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar, Tinggalkan Anies”

Bagikan

Also Read

Tags