Rekor Tiada Tanding Belanda di Penyisihan Grup, Sayang Belum Juara Lagi Sejak 1988 Rakyatnesia

Dedi Suparman

Rekor Tiada Tanding Belanda di Penyisihan Grup, Sayang Belum Juara Lagi Sejak 1988
Bagikan

[ad_1]

Gilabola.com – Belanda mencatatkan sejarah yang tak pernah dicapai negara manapun usai kemenangan mereka atas Makedonia Utara yang membuat mereka memenangkan Grup C mereka dengan nilai sempurna.

Bermain di Amsterdam Arena pada Senin (21/6) malam WIB, Belanda tak mengendurkan tim mereka meski sudah memastikan lolos ke babak 16 besar, tetap menurunkan kekuatan terbaik untuk mengalahkan Makedonia Utara dengan skor telak tiga gol tanpa balas.

Memphis Depay membuka skor menit ke-24 melalui assist Donyell Malen, sebelum gelandang anyar Paris Saint-Germain Georginio Wijnaldum mencetak brace di babak kedua untuk membuat Makedonia Utara finish sebagai juru kunci tanpa satu pun poin.

Sementara bagi Belanda, mereka kini telah memenangkan ketiga pertandingan penyisihan grup mereka di Kejuaraan Eropa untuk ketiga kalinya (2000, 2008 & 2020), lebih banyak dari tim mana pun dalam kompetisi.

Hanya saja mirisnya bahwa dengan rekor luar biasa tersebut, Oranje sejauh ini masih belum bisa memenangi Kejuaraan Eropa lagi sejak terakhir kali menjuarainya pada 1988 ketika mengalahkan negara yang sekarang sudah terhapus dari peta, Uni Soviet.

Channel Gilabola di Youtube

Dalam satu-satunya penampilan final Belanda di Kejuaraan Eropa, mereka menang dengan skor 2-0 di partai puncak yang digelar di Olympiastadion, Munchen, berkat gol-gol dari Ruud Gullit dan Marco van Basten, yang akhirnya keluar sebagai top skor dengan lima gol.

Di Euro 2000, Belanda yang mengalahkan Yugoslavia dengan skor 6-1 di perempat final harus terhenti langkahnya di final usai dikalahkan Italia dengan skor 1-3. Sementara di Euro 2008, Oranje yang punya rekor sempurna di penyisihan grup melawan Italia, Rumania, dan Prancis malah kalah di perempat final dari Rusia juga dengan skor 1-3.

artikel telah terbit di : https://gilabola.com/internasional/rekor-tiada-tanding-belanda-di-penyisihan-grup-sayang-belum-juara-lagi-sejak-1988/

Bagikan

Also Read