Warga Blongsong, Baureno, Keluhkan Pohon Penghijauan di Jalan Raya yang Tua dan Rapuh, Rawan Tumbang

353

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Akhir-akhir ini, hujan disertai angin melanda wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Hal itu, membuat warga Desa Blongsong, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, yang tinggal di sepanjang Jalan Raya Jalur Bojonegoro – Babat itu, kuwatir terjadinya pohon tumbang.

Seorang warga Blongsong Maksum (45), mengeluhkan adanya pohon penghijauan jenis Sono yang ada di sepanjang jalan Raya Blongsong yang ada di depan rumahnya itu, tiba-tiba tumbang atau roboh sehingga bisa menimpa rumahnya atau para pengguna jalan raya itu.

Menurutnya, pohon Sono yang dijadikan penghijauan itu sudah sangat besar dan tinggi dan umurnya sudah tua dan rapuh sehingga bisa berakibat roboh sewaktu-waktu. Apalagi, akhir-akhir ini, sering turun hujan yang disertai angin kencang.

“Saya sekeluarga selalu was-was dengan keberadaan pohon Sono Kembang sebagai penghiajuan jalan raya di depan rumah saya itu tiba-tiba roboh, sehingga membahayakan saya sekeluarga. Jadi, saya mohon kepada pemerintah atau dinas terkait untuk segera melakukan pemotongan atau pemangkasan pohon tersebut,” kata Maksum menegaskan, Jum’at (19/6/2021).

Lanjut Maksum, dirinya juga sudah melaporkan hal itu ke pemerintah desa Blongsong, agar ditindak lanjuti. Agar laporannya dilanjutkan ke dinas terkait untuk segera melakukan pemotongan pohon tersebut sebelum roboh yang bisa membahayakan warga setempat atau juga para pengguna jalan itu.

“Selain di depan rumah saya, di sekitar situ ada sekitar 5 pohoin lain yang tinggi besar dan sudah tua yang kemungkinan sudah lapuk dan sewaktu-waktu bisa roboh. Sehingga pemerintah harus segera turun tangan untuk melakukan pemotongan atau pemangkasan pohon tersebut,” ungkap pria yang juga pengusaha tembakau itu, serius.

Berdasarkan pantauan rakyatnesia di lapangan menyebutkan, selain di jalan Raya Blongsong, masih banyak pohon penghijauan di wilayah Kecamatan Baureno yang sudah waktunya dipangkasnya, termasuk di depan Pasar Baureno hingga depan SMPN 1 Baureno.

Sementara itu, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hanafi saat dikonfirmasi menyatakan, bahwa pihaknya sudah menerima laporan adanya keluhan warga tentang permintaan pemotongan pohon penghijauan di sepanjang jalur Bojonegoro – Babat, tepatnya di Jalan Raya Blongsong tersebut.

Lanjut Hanafi, pihaknya juga sudah menerima masukan dari anggota DPRD Bojonegoro Lasuri agar DLH segara melakukan pemangkasan pohon penghijauan di sepanjang Jalan Raya Baureno, turut Jalur Bojonegoro – Babat itu, guna menindak lanjuti keluhan masyarakat tersebut.

“Besok Senin, kami akan ceck kondisi pohon yang dikeluhkan warga itu dan segera kami ditindak lanjuti,” katanya singkat.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More