Ketua BNNK Bojonegoro H. Budi Irawanto, Hadiri Launching Kampung Tangguh Bersinar, di Sukorejo, Bojonegoro Kota

Sukisno

Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro Drs H Budi Irawanto,M.Pd, menghadiri acara Launching Kampung tangguh bersinar atau bersih narkoba yang diluncurkan Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro. Acara berlangsung di Balai RT 019, RW 005, Sukorejo Kecamatan Kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (16/6/2021).

Dalam kata sambutanya, Wabup Bojonegoro Budi Irawanto mengatakan, bahwa narkoba tak hanya merusak orang dewasa namun barang terlarang itu juga menjadi salah satu perusak generasi anak bangsa.

Lanjut Wabup Bojonegoro, Dengan dibentiuknya Kampung Tangguh Bersinar (bersih narkoba) di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro Kota ini, diharapkan bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro sehingga bisa menekan penyalahgunaan narkotika.

Masih menurut Mas Wawan – demikian, Wabup Bojonegoro H. Budi Irawanto, akrab disapa – pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi pembentukan kampung tangguh bersinar ini. Dengan terbentuknya Kampung Tangguh Bersinar itu, dapat secara bersama-sama untuk merespon kondisi darurat narkoba saat ini.

“Seluruh komponen harus bersinergi untuk mengambil langkah dalam upaya pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Kabupaten Bojonegoro,” demikian dikatakan Ketua BNNK Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bojonegoro sekaligus Wakil Bupati Bojonegoro H Budi Irawanto itu.

Mas Wawan menambahkan, perlu melakukan antisipasi dini dengan memberikan sosialisasi di lingkungan pelajar sehingga para generasi anak bangsa bisa terhindar pada penyalahgunaan narkoba tersebut.

Ditambahkan, bahwa berdasarkan data dari Polres Bojonegoro pada tahun 2019 terdapat 49 kasus dengan 56 orang tersangka, tahun 2020 terdapat 41 kasus dengan 45 orang tersangka, dan hingga bulan juni 2021 terdapat 29 kasus dengan 32 orang tersangka.

Di akhir sambutanya, Mas Wawan mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Pihaknya mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan serta mengajak masyarakat bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro tercinta ini.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro E.G Pandia SIK,MM,MH, menyampaikan bahwa pembentukan Kampung tangguh bersinar bersih narkoba ini adalah tindak lanjut instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Kepolisian Daerah seluruh Indonesia, termasuk wilayah Kabupaten Bojonegoro ini.

Kampung Tangguh Bersinar yang ada di Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro Kota ini adalah pilot project kolaboratif dengan stake holder berupa gerakan atau aksi nyata untuk menciptakan wilayah bersih dari narkoba.

“Peredaraan narkoba cukup marak sehingga perlu didirikannya Kampung Tangguh Bersinar dengan sebuah jalinan kerjasama antara POLRI,TNI, Pemerintah dan masyarakat untuk mencegah peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini,” kata Kapolres Bojonegoro AKBP EG Pandia, menegaskan.

Acara dilanjutkan dengan tes urine secara bersama – sama yang dilakukan oleh tim kesehatan RS Bayangkara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan yang diwakilkan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa Sukorejo Budi Suprayitno.

Tampak hadir, Forkopimcam Kecamatan Kota Bojonegoro, serta undangan lainnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read