Bupati Bojonegoro: Dekranasda Hendaknya Mengembangkan Industri Kreatif Berbasis Rumahan Menjadi Produk Unggulan

109

BERITA BOJONEGORO – (RAKYATNESIA) – Ketua Dekanasda (Dewan Kerajinan nasional daerah) Jawa timur Aru,I Bachsin Emil Dardak,SE, berkenan melantik Pengurus Dekranasda Kabupaten Bojonegoro, yang berlangsung di Pendopo Malowopati, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Senin (7/6/2021).

Usai Pelantikan tersebut, Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah memperoleh kesempatan untuk menyampaikan sambutanya. Mengawali kata sambutanya, orang nomor satu di Bumi Angling Dharma itu, menyampaikan ucapan selamat atas dilantikanya Pengurus Dekranasda Kabupaten Bojonegoro tersebut.

“Meski pelantikan baru dilakukan saat ini, namun tidak mengurangi semangat dan kinerja para anggota Dekranasda Kabupaten Bojonegoro ini,” kata wanita yang akrab disapa Bu Anna itu menegaskan.

Lanjut Bu Anna, keberadaan Dkranasda menjadi pengejawantahan bahwa ekonomi besar tanpa kreativitas maka nilai ekonominya akan sangat minim. Dengan adanya kreatifitas diharapkan akan semakin menunjang nilai ekonomi.

“Seperti terus bereksperimen dalam suatu produk, itu termasuk sesuatu yang sangat mahal  dalam memberikan nilai-nilai ekonomi,” ucapnya.

Bu Anna juga menjelaskan bahwa selain memperbanyak produk handmade, ke depannya Dekranasda harus mampu mengangkat sektor industri kuliner dan sebagainya.

“Harapan besar dengan terbentuknya Dekranasda ini bisa mengalihkan sektor-sektor ekonomi yang berbasis rumahan baik itu dalam bentuk handicraft, fashion, maupun kerajinan yang lain menjadi produk unggulan,” ujarnya.

Ditambahkan, bahwa saat ini Kabupaten Bojonegoro juga dalam pengembangan bunga krisan tepatnya di wilayah Kecamatan Sekar.

“Selain menjadi tanaman hias, ke depanya tanaman krisan dapat diolah menjadi produk-produk food creativity unggulan lainya,” ungkap Bu Anna.

Di akhir sambutanya, Bu Anna berharap Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), dapat mengangkat sektor ekonomi  daerah. Salah satunya adalah dengan mengembangkan industri kreatif berbasis rumahan menjadi produk unggulan.

Adapun Susunan Pengurus Dekranasda Kabupaten Bojonegoro Masa Jabatan 2018-2023, sebagai berikut:

Ketua : Ninik Susmiati, SKM, M.Kes (Staf Ahli)
Ketua Harian : Welly Fitrama, S.STP, MM. (Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja)
Sekretaris : Drs. Darmawan (Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya alam)
Wakil Sekretaris : Drs. Gunardi (Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja)
Bendahara : Luluk Alifah, SE, MM. (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More