Harlah Pancasila, DPD PDIP Jatim Ajak Anak Yatim Piatu Upacara Bareng , Kabar Terkini

Sukisno

Bagikan

Rakyatnesia – Harlah Pancasila, DPD PDIP Jatim Ajak Anak Yatim Piatu Upacara Bareng Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dijalankan masyarakat Indonesia, meski sebetulnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Harlah Pancasila, DPD PDIP Jatim Ajak Anak Yatim Piatu Upacara Bareng ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Hari Lahir Pancasila 1 Juni diperingati keluarga besar PDI Perjuangan Jawa Timur dengan cara berbeda. Selain menggelar upacara bendera, DPD PDI Perjuangan Jatim mengundang anak yatim piatu tasyakuran di kantor DPD Jatim, Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya, Kamis (1/6).

Tasyakuran Harlah Pancasila dengan makan tumpeng bersama digelar di aula Megawati Soekarnoputri kantor DPD PDIP Jatim. Puluhan anak yatim yang hadir juga mendapatkan santunan dari pengurus DPD Jatim.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Eddy Paripurna mengatakan, pihaknya mengundang anak-anak yatim piatu sekitar kantor DPD untuk membumikan nilai-nilai Pancasila kepada mereka sejak dini.

”Dengan memahami nilai-nilai Pancasila, diharapkan bisa menjadi fondasi kokoh bagi anak-anak, termasuk anak yatim piatu, agar tak gampang terpengaruh ideologi yang bisa memecah belah persatuan bangsa,” jelas Eddy.

Eddy juga menyampaikan, 5 dasar berbangsa dan bernegara sebagai konsesi anak bangsa mesti dijaga dan diaplikasikan dalam keseharian. ”Bertoleransi dalam hal beragama, harus terus dijalankan bersama-sama sebagai perwujudan sila pertama,” kata Eddy.

Kemudian peduli dengan sesama, menjaga persatuan, serta berdemokrasi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Pada sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bagaimana harus bersama-mewujudkannya. Terutama kepada kader partai yang bertugas di eksekutif dan legislatif harus mewujudkannya melalui kebijakan.

”Pembangunan hingga pulau-pulau terluar di negeri ini, tidak lagi Jawa sentris, sebagai upaya pemerintahan Jokowi mewujudkan keadilan sosial tersebut,” terang Eddy.

Doa bersama saat tasyakuran dan pemberian santunan kepada puluhan anak-anak yatim piatu, lanjut dia, adalah contoh sederhana bagaimana aplikasi dari nilai-nilai Pancasila.

Dalam arahannya saat memimpin upacara bendera memperingati Harlah Pancasila di halaman kantor DPD Jatim, Eddy mengajak kader banteng mengobarkan semangat Pancasila dalam segala aspek.

Menurut dia, peringatan Hari Lahir Pancasila bukan sekadar momen biasa melainkan momen penting awal terbentuknya pedoman-pedoman berdirinya bangsa Indonesia. Tiap sila sangat mencerminkan keberagaman bangsa.

Pendiri bangsa yakni Soekarno, ungkap Eddy, sangat memikirkan bagaimana baiknya dasar suatu negara dibentuk, segalanya diperjuangkan untuk memerdekakan Indonesia.

”Kita sebagai generasi penerus, tentunya Pancasila harus kita hormati dan memaknai untuk mengenang perjuangan pahlawan yang berupaya memerdekakan bangsa ini dan bisa meneruskan cita-cita bangsa,” ujar Eddy, politikus yang juga anggota DPRD Provinsi Jatim tersebut.

Karena itu, lanjut dia, momen itu harus menjadi pengingat dan penyemangat bagi seluruh kader.

”Perjuangan masih berlanjut, nilai-nilai Pancasila harus terus dikobarkan demi kesejahteraan rakyat, layaknya trisakti Bung Karno yakni berdikari secara ekonomi, berkepribadian dalam budaya, dan berdaulat dalam politik,” tegas Eddy.

Dikutip dari Jawa Pos

Bagikan

Also Read

Tags