Novel Baswedan Khawatir Praperadilan Sekretaris MA Menang Lawan KPK , Kabar Indonesia

Sukisno

Bagikan

Rakyatnesia – Novel Baswedan Khawatir Praperadilan Sekretaris MA Menang Lawan KPK Pencarian seputar Berita Nasional di dunia online kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, meski sesungguhnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Novel Baswedan Khawatir Praperadilan Sekretaris MA Menang Lawan KPK ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian sistem penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda suka dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com – Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan meyakini, gugatan praperadilan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan akan dikabulkan Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Novel mengakui, dapat bocoran bahwa praperadilan itu akan dimenangkan, sehingga jeratan tersangka terhadap Hasbi Hasan akan lepas.

 

“Ketika penyidik KPK akan menahan Sekretaris MA, Sprindik penahanan tidak ditandatangani Pimpinan KPK, lalu gugat praperadilan (dapat info hasilnya akan menang), lalu perkara berhenti?,” kata Novel dalam cuitan pada akun media sosial Twitter, Minggu (27/5).

 

Gugatan praperadilan itu dilayangkan Hasbi Hasan setelah yang bersangkutan tidak ditahan usai diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka, kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA, Rabu (24/5). Habi mengklaim akan kooperatif menjalani proses hukum di KPK.

 

Menurut Novel, tidak ditahannya Hasbi Hasan bersamaan dengan putusan kasasi mantan pegawai KPK yang dipecat akibat tes wawasan kebangsaan (TWK). Sebab, putusan kasasi itu menolak mantan pegawai KPK diangkat jadi ASN.

 

“Kasasi soal TWK dimenangkan Pimpinan KPK. Kalau benar begitu, memang hidup ini banyak kebetulannya,” tegas Novel.

 

Sebelumnya, Sekretaris MA Hasbi Hasan mengajukan upaya hukum praperadilan setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gugatan dengan nomor perkara 49/Pid.Pra/2023/PN JKT.SEL itu dilayangkan Hasbi Hasan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (26/5).

 

“Sah atau tidaknya penetapan tersangka,” sebagaimana dikutip dari permohonan praperadilan Hasbi Hasan, Jumat (26/5).

 

Hasbi Hasan diduga menerima aliran suap dalam penanganan perkara di MA. Selain Hasbi Hasan, KPK juga menetapkan Komisaris Independen PT Wijaya Karya (Wika) Beton Tbk, Dadan Tri Yudianto sebagai tersangka.

 

Meski demikian, KPK belum dapat membeberkan secara rinci konstruksi perkara, identitas lengkap dari para tersangka termasuk sangkaan pasalnya. Saat ini, lembaga antirasuah tengah mengumpulkan alat bukti untuk menguatkan sangkaan tersebut.

 

Baca Juga  Bursa Bacaleg Diramaikan Wajah-Wajah Lama, Menteri, hingga Artis , Kabar Indonesia

“Kelengkapan alat bukti menjadi prioritas yang terus dikumpulkan untuk melengkapi bukti permulaan yang telah kami miliki,” demikian Ali menandaskan beberapa waktu lalu.

 

 

 

 

 

Dikutip dari Jawa Pos

Bagikan

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Tags

Related Post