Jawa Timur Borong Penghargaan dan Juara Umum Anugerah Adinata Syariah KNEKS , Kabar Terkini

Sukisno

Bagikan

Rakyatnesia – Jawa Timur Borong Penghargaan dan Juara Umum Anugerah Adinata Syariah KNEKS Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, sedangkan hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada artikel Jawa Timur Borong Penghargaan dan Juara Umum Anugerah Adinata Syariah KNEKS ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memperhatikan atau membacanya. Jika anda suka dengan info ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Pemerintah Provinsi Jawa Timur meraih juara umum dalam ajang Anugerah Adinata Syariah yang digelar Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di The Tower BSI, Jakarta Selatan, Jumat (26/5).

Predikat juara umum tersebut diraih setelah Jatim mengantongi enam penghargaan sekaligus dari 10 kategori. Yakni Juara 1 Kategori Industri Halal; Juara 1 Kategori Inkubasi Usaha Syariah; Juara 2 Kategori Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren; Juara 2 Kategori Zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat; Juara 1 Kategori Keuangan Mikro Syariah; dan Juara 5 Kategori Keuangan Syariah.

Sebanyak 25 provinsi turut ambil bagian dalam kompetisi. KNEKS yang diketuai Wakil Presiden Ma’ruf Amien bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Baca Juga: Khofifah Ajak Calon Dubes dan Konjen Promosikan Pariwisata Jawa Timur

Penghargaan juara umum tersebut diserahkan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, Gubernur Khofifah juga menerima penghargaan kategori yang diserahkan Menparekraf Sandiaga Uno dan Menkeu Sri Mulyani.

Gubernur Khofifah mengungkapkan, capaian yang membanggakan tersebut tidak mungkin diraih tanpa kontribusi dari para stakeholder baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se Jatim. Termasuk seluruh elemen masyarakat di Jatim khususnya dunia usaha dan dunia industri serta perguruan tinggi.

”Perekonomian syariah memang menjadi salah satu fokus di Jatim. Sebab, sebagian besar penduduk Jatim merupakan umat muslim. Sehingga potensi industri halal dan keuangan syariah di Jatim begitu besar,” terang Khofifah.

Baca Juga: Khofifah Ajak Masyarakat Optimistis Hadapi Tantangan Global dan Digitalisasi

Dengan membangun ekosistem industri halal di Jatim, Gubernur Khofifah optimistis dapat mengembangkan pangsa pasar industri halal hingga ke mancanegara lebih luas lagi.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amien yang juga Ketua Harian KNEKS, mengapresiasi kerja keras Pemprov Jatim dalam menggerakkan perekonomian dan keuangan syariah.

”Jatim keluar sebagai juara umum dengan perolehan juara pertama di 3 kategori, ini menunjukkan bahwa perekonomian dan keuangan syariah di daerah-daerah sudah mulai tumbuh positif,” ujar Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Optimistis Neraca Perdagangan dan Investasi Hongkong Terdongkrak

Menurut wapres, bergeraknya roda perekonomian dan keuangan syariah di daerah tidak terlepas dari peran pemangku kebijakan, terutama pemimpin daerah. Peran pemimpin daerah di setiap provinsi itu krusial untuk mengoptimalkan tiap sektor ekonomi syariah.

Wapres menjelaskan, peran pemimpin daerah mulai dari mengarahkan kebijakan pembangunan hingga menggali dan mengoptimalkan sektor ekonomi syariah unggulan di daerah masing-masing. Dia mendorong para kepala daerah agar bisa memberikan dukungan berkelanjutan terhadap program ekonomi dan keuangan syariah di setiap daerah dan melakukan penguatan sinergi dan keselarasan program Rakyatnesia pusat dan daerah.

Dikutip dari Jawa Pos

Bagikan

Also Read

Tags