Ruang Dirjen Kemensos Digledah KPK Dengan Dugaan Terkait Kasus Korupsi BANSOS Beras 2022

Rachmat Dafa Erlangga

Bagikan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Menggeledah Ruang Milik Dirjen Pemberdayaan Sosial,”Ruangan yang terkait dengan kasus tersebut. Jadi Dirjen dayasos, atau Direktorat Jenderal Dayasos,” kata Rozano dalam konfrensi pers di Kontor Kemensos, Selasa (23/5) malam.

Penggeledahan terkait dugaan tindak pidana korupsi penyaluran beras bantuan sosial (bansos). Beras bansos itu disalurkan untuk keluarga penerima manfaat program keluarga harapan tahun 2020-2021 di Kementerian Sosial (Kemensos).

“Terkait pengumpulan beberapa dokumen dan alat-alat yang diminta teman-teman KPK. Dari BAP yang kami baca yang ditandatangani para pihak itu dijelaskan bansos beras untuk KPM PKH Tahun 2020,” paparnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengisyaratkan mengumumkan tersangka dalam kasus tersebut.

Kepala Bagian Pemberitaan Ali Fikri membenarkan penyidik KPK tengah melakukan penggeledahan di kantor Kemensos pada hari ini, Selasa (23/5). Kegiatan itu menurut Ali dilakukan dalam rangka mengumpulkan dan melengkapi barang bukti atas dugaan kasus korupsi itu.

Sebelumnya, KPK dikabarkan menetapkan mantan Direktur Utama TransJakarta Kuncoro Wibowo jadi tersangka kasus korupsi penyaluran beras bansos tahun 2020-2021. Sumber CNNIndonesia.com di KPK mengatakan Kuncoro Wibowo yang belum lama mundur dari kursi Dirut TransJakarta sudah jadi tersangka.

“M Kuncoro Wibowo tepatnya. Sprindik [Surat Perintah Dimulainya Penyidikan] naik bulan Februari,” kata sumber tersebut.

Ali Fikri pun tak membantah kabar tersebut. Ia hanya menyatakan kasus ini berawal dari pengaduan masyarakat yang ditindaklanjuti KPK.

Bagikan

Also Read