Edukasi Pencegahan Covid-19, Polres Bojonegoro Gunakan Replika Pocong-pocongan, Agar Masyarakat Mudah Memahaminya

75

BERITA BOJONEGOROJajaran Polres Bojonegoro terus melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19 yang terus digencarkan di wilayahnya yaitu Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur ini.

Kali ini sosialisasi digelar di jalan Veteran tepatnya depan Pos Pelayanan Operasi Ketupat 2021, yang berlangsung, Jum’at (21/5/2021).

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia mengatakan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) menggunakan pocong-pocongan tersebut diharapkan bisa menjadikan masyarakat semakin disiplin terhadap protokol kesehatan baik di rumah maupun saat beraktifitas di luar. 

Lanjut Kapolres Bojonegoro, bahwa baru-baru ini varian yang terdeteksi berasal dari India dan Afrika Selatan. Sementara varian dari Inggris yang terdeteksi sebelumnya, telah menunjukkan penularan lokal.

AKBP EG Pandia menghimbau, agar masyarakat bisa melakukan antisipasi makin banyaknya varian baru virus corona dari luar negeri. Kepada seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan pada saat beraktifitas di luar. Tetap patuhi 5 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

“Kami terus masifkan sosialisasi bahaya dari Covid-19 agar masyarakat semakin disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Apalagi ada varian baru virus corona, ” kata Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia kepada awak media di Pos Pelayanan Operasi Ketupat 2021 Jalan Veteran, Bojonegoro Kota, Jum’at (21/5/2021).

AKBP EG Pandia menegaskan bahwa sosialisasi tersebut akan terus dimasifkan selama wabah Covid-19 masih ada dan mewabah disekitaran kita. Selain menggunakan pocong-pocongan juga menggunakan pamflet serta papan data jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal dunia akibat Covid-19.

Saat kegiatan sosialisasi berlangsung, pocong-pocongan tersebut diarak bersama dengan papan yang bertuliskan, “Maskermu melindungiku maskerku melindungimu, Maskeran Genyo dan Maskeran Maskeran dan Ojolali Maskeran Yooo….”

“Dengan cara unik ini, diharapkan dapat menarik, mudah dipahami dan pesannya sampai ke masyarakat,” kata AKBP EG Pandia menegaskan.

Selain melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan dengan menggunakan pocong-pocongan, Polres Bojonegoro juga membagikan masker kepada pengguna jalan yang melintas di jalan Veteran, turut Desa Sukorejo, Kecamatan Kota Bojonegoro itu.

Perlu diketahu, berdasarkan data dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, update sebaran Covid-19 di Kabupaten Bojonegoro Per-Tanggal 20 Mei 2021 Jam 18.00 WIB.

Yakni Konfirmasi positif kumulatif sebanyak 1514 orang, meliputi aktif (dirawat) 14 orang, sembuh 1457 orang dan meninggal dunia 43 orang. Untuk kasus suspect sebanyak 12 orang. Dimana, data hari ini terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More