Apa Itu Pengertian Dari Valas, Simak Di Artikel Berikut Ini

moch akbar fitrianto

valuta asing
Bagikan

Bisnis, rakyatnesia – Apa itu Pengertian Dari Valas ?. Yap barang kali buat anda yang sudah sering mendengar kata ini tapi belum tau apa itu arti dari Valas, fungsi dan sejarahnya. Mari kita bongkar secara singkat padat amun mengena.

Valuta Asing Atau Valas adalah

Mata Uang yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam perdagangan dengan skala internasional. Dimana Para pelaku transaksi sudah menyetujui atau mengakui mata uang tersebut.

Karena merupakan mata uang asing, maka valas tak bisa dijadikan sebagai alat pembayaran perdagangan dalam negeri.

Namun, perlu diketahui pula bahwa tak semua mata uang asing dapat dipakai pada transaksi internasional berikut. Pasalnya, mata uang untuk valas haruslah termasuk ke dalam kelompok Hard Currency atau mata uang yang nilainya kuat terhadap lainnya.

Mata uang Hard Currency umumnya berasal dari negara maju dengan pengaruh ekonomi yang cukup besar kepada negara-negara lain di dunia. Contohnya adalah Euro, Dollar (Amerika Serikat), dan Yen (Jepang).

Lantas, apakah Rupiah tergolong Hard Currency? Sayangnya, mata uang Negara Indonesia ini masih terbilang lemah dan sangat jarang dimanfaatkan untuk alat pembayaran berskala internasional. Oleh karenanya Rupiah tercatat sebagai Soft Currency.

Tak hanya itu, valas juga merupakan bagian dari devisa negara. Devisa adalah kekayaan negara yang berada di luar negeri dengan wujud yang dapat berupa barang, jasa, ataupun mata uang. Sehingga, semakin sering mata uang suatu negara digunakan, semakin menguntungkan pula hal tersebut bagi negara bersangkutan.

Sejarah Singkat Valuta Asing

Valas memiliki sejarah yang sangat panjang sejak berabad-abad silam lamanya. Pada masa dahulu, manusia yang belum mengenal mata uang resmi melakukan transaksi dengan sistem barter. Sistem barter ini memiliki kelemahan sehingga digantikan dengan sistem emas dan perak.

Pada masa itu dapat disimpulkan bahwa emas dan perak merupakan bentuk alat transaksi atau yang biasa disebut sebagai uang. Sejarah tentang Valas berlanjut ketika masa perang dunia selesai, negara-negara di dunia menuntut adanya standar ekonomi yang lebih baik dan stabil.

Pada tanggal 22 Juli 1944 akhirnya digelar Konferensi Moneter Internasional yang pertama dan dihadiri oleh 44 negara untuk menetapkan suatu sistem pertukaran mata uang yang tetap. Dari sini, perkembangan ekonomi di dunia bergerak positif.

Namun pada tahun 1960, perekonomian Amerika yang menjadi standar perekonomian dunia mengalami kondisi yang kurang baik sehingga berakibat penurunan kepercayaan negara terhadap dolar juga menurun. Akhirnya ditetapkan sebuah sistem mata uang yang lebih fleksibel, sesuai dengan permintaan dan penawaran pasar atau yang dikenal sebagai pasar Valas.

Kapan Kita Butuh Valas ?

Pengertian Dari Valas

Seperti yang disebutkan secara singkat di atas, bahwa valuta asing digunakan ketika kita melakukan bisnis dengan orang diluar negeri. Dan Ketika transaksi yang resmi keduanya sudah sepakat dengan kurs yang akan digunakan.

Fungsi valuta asing

Secara umum, valas berperan cukup besar dalam transaksi perdagangan global. Akan tetapi, rupanya valas memiliki fungsi lain. Apa saja itu? Ini daftarnya.

  1. Sebagai alat pembayaran berskala internasional
  2. Sebagai alat tukar berskala internasional
  3. Mampu mengendalikan kurs mata uang
  4. Mempermudah aktivitas perdagangan internasional
  • Alat tukar internasional. Pada fungsi ini, valas berguna untuk melakukan transaksi jika sedang berada di luar negeri. Selain itu, valas juga berguna untuk kegiatan tukar-menukar barang dan jasa dengan negara lain, misalnya dalam ekspor dan impor.
  • Alat pengendali kurs. Valas berguna sebagai pembanding nilai mata uang antar negara, atau yang biasa akrab kita kenal dengan istilah kurs, yang mana kurs mata uang suatu negara bisa melemah atau menguat. Valas berguna sebagai alat untuk mengendalikan kurs pada mata uang asing.
  • Alat pembayaran internasional. Valas dapat berfungsi sebagai alat pembayaran internasional, misalkan suatu negara memiliki hutang dengan negara lain, maka negara yang berhutang ini bisa membayarkan hutangnya dengan valuta asing yang sesuai beserta bunga-nya.
  • Alat mempermudah perdagangan internasional. Dengan menggunakan valas, maka setiap negara bisa melakukan kegiatan jual beli antar negara tanpa terkendala mata uang.

Jenis Valas Yang Biasa Digunakan

  • Valuta asing fisik. Valas fisik biasanya berupa uang asing atau uang negara lain dalam bentuk uang kartal, baik yang berupa uang kertas bank, uang kertas negara, ataupun uang logam.
  • Valuta asing non fisik. Valas non fisik biasanya berbentuk uang giral atau surat-surat berharga. Contohnya antara lain cek, wesel, internasional money, travelers, dan cheque.
Bagikan

Also Read