Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Sepak Bola

5 Negara yang Pernah Dua Kali Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA

Rakyatnesia, Sepakbola – Ketika pertama kali diadakan, Piala Dunia diselenggarakan di negara yang dipilih melalui kongres FIFA, yakni antara Eropa dan Amerika Selatan yang merupakan dua pusat kekuatan utama sepak bola. Namun sejak tahun 2002, Piala Dunia mulai diselenggarakan di luar kedua benua tersebut. dan Tahun ini ada piala dunia 2022 bakalan digelar.

Piala Dunia FIFA 2002 merupakan yang pertama kali diadakan di benua Asia dan sekaligus dua negara yaitu Jepang dan Korea Selatan. Selanjutnya, negara tuan rumah Piala Dunia menjadi lebih beragam. Afrika Selatan menjadi negara benua Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia yakni pada edisi 2010.

Hingga 2022 ini, Piala Dunia telah memasuki edisi ke-22. Meskipun negara penyelenggara Piala Dunia selalu bergiliran, ada beberapa negara yang pernah menyelenggarakan turnamen akbar tersebut lebih dari sekali. 

Negara tuan rumah kerap dijagokan saat penggemar bola bertaruh tim mana yang akan menang, misalnya di situs m88. Benarkah negara tuan rumah seringkali memiliki prestasi yang memukau di Piala Dunia?

Baca Juga  Tragedi Kanjuruhan, Bukan Bentrok Antar Suporter, Indonesia Terancam Sanksi FIFA

Negara jadi Tuan Rumah Piala Dunia Dua Kali

5 Negara yang Pernah Dua Kali Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 1
  1. Italia
    Italia menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1934 dan 1990. Italia sangat berambisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 1934 bahkan rela menanggung kerugian penyelenggaraannya asalkan mereka menjadi tuan rumah. Sebanyak 8 stadion di 8 kota disiapkan untuk menyelenggarakan turnamen tersebut. Pada edisi ini, Italia berhasil menyabet gelar juara.
    Ketika menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya yaitu pada tahun 1990, Italia menyiapkan 12 stadion di 12 kota sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia edisi tersebut. Namun kali ini, mereka harus puas menjadi juara ketiga sementara gelar juara dunia diraih oleh Jerman.
  2. Prancis
    Prancis pernah menjadi negara penyelenggara Piala Dunia sebanyak dua kali. Pertama kalinya menjadi tuan rumah pada Piala Dunia edisi 1938, Prancis menyediakan 11 stadion di 10 kota sebagai tempat penyelenggaraan turnamen.
    Prancis kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia pada edisi 1998. Sebanyak 10 stadion yang tersebar di 10 kota menjadi tempat penyelenggaraan turnamen kali ini. Mereka juga bernasib lebih baik pada edisi ini dengan meraih trofi Piala Dunia, sementara pada edisi 1938 hanya sampai di babak perempat final.
  3. Brasil
    Brasil terpilih oleh FIFA sebagai negara penyelenggara Piala Dunia 1950 pada 1 Juli 1946 dalam kongres FIFA di Luksemburg. Brasil menyiapkan 6 stadion di 6 kota untuk menyelenggarakan turnamen ini.
    Piala Dunia 2014 merupakan kali kedua Brasil menjadi tuan rumah. Brasil memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah pertandingan sebagai satu-satunya negara yang memasuki penawaran. Sebanyak 12 stadion di 12 kota disediakan sebagai tempat penyelenggaraan turnamen..
    Meskipun menjadi negara pemegang rekor juara dunia terbanyak, namun Brasil tidak berhasil menjuarai turnamen Piala Dunia ketika dua kali menjadi tuan rumah. Di edisi 1950, gelar juara dunia diraih oleh Uruguay. Sementara pada edisi 2014, Brasil hanya menjadi juara keempat sementara trofi Piala Dunia jatuh ke tangan Jerman.
  4. Meksiko
    Meksiko merupakan salah satu negara yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia sebanyak dua kali, yakni pada edisi 1970 dan 1986. Di edisi 1970, Meksiko hanya menyiapkan 5 stadion di 5 kota sebagai tempat penyelenggaraan turnamen tersebut. Di kali kedua mereka menjadi tuan rumah, jumlah stadion yang disiapkan meningkat pesat. Sebanyak 12 stadion di 11 kota dipilih untuk menyelenggarakan Piala Dunia 1986.
  5. Jerman
    Jerman pertama kali terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia pada edisi 1974. Kala itu mereka menyiapkan 9 stadion yang tersebar di 9 kota untuk menyelenggarakan turnamen ini. Mereka juga berhasil menjadi juara dunia di edisi tersebut.
    Pada kali kedua yaitu tahun 2006, terpilihnya Jerman menjadi tuan rumah dianggap kontroversial. Hal ini disebabkan banyak pihak yang sebelumnya memperkirakan bahwa Piala Dunia 2006 akan diselenggarakan di benua Afrika. Untuk lokasi penyelenggaraan, Jerman menyiapkan 12 stadion di 12 kota pada Piala Dunia edisi ini.
Baca Juga  Link Streaming Liverpool vs Rangers Live

moch akbar fitrianto

Adalah Seorang penulis berita Teknologi dan juga Olahraga Khususnya Sepak bola dan MotoGP
Back to top button